STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)

Emilya Ulfah

Abstract


Abstrak

 

Strategi Pembelajaran dipahami sebagai strategi untuk memudahkan proses belajar anak didik. Strategi pembelajaran adalah setiap kegiatan yang dipilih dan dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada anak didik dalam menuju tercapaian tujuan pembelajaran. Strategi dalam konteks proses bukan hanya implementasi dari semua rancangan program pembelajaran yang telah dibuat, tetapi juga menyusun strategi yang akurat sebagai teknik untuk mengoptimalkan aktivitas anak didik dalam pembelajaran. adapun berdasarkan hasil uraian diatas terkait strategi, ada beberapa strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran tematik akidah akhlak untuk anak Madarasah Ibtidaiyah. Strategi pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran akidah akhlak di MI di antaranya yaitu: 1) Strategi Pembelajaran Ekspositori, 2) Strategi Pembelajaran Inkuiri, 3) Strategi Pembelajaran Kooperatif. Adapun beberapa metode yang dapat digunakan oleh seorang pendidik dalam kegiatan pembelajaran Akidah Akhlak MI di antaranya adalah: 1) Keteladanan, 2) Pembiasaan, 3) Demonstrasi, 4) Jigsaw learning (Pembelajaran Model Jigsaw), 5) Indexs card match (Pencocokan Kartu Indexs)

 

Kata Kunci: Belajar, Pembelajaran, Strategi, Akidah Akhlak.


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v22i2.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313