TRADISI BATAPUNG TAWAR PADA MASYARAKAT BANJAR DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM

Nurhidayani Nurhidayani

Abstract


Budaya merupakan warisan dari nenek yang telah dipergunakan secara turun temurun oleh masyarakat. Khususnya masyrakat banjar yang masih sangat kental dengan budaya serta menganggap budaya berupa kepercayaan, kesenian, moral, hukum dan adat istiadat yang terdapat didalamnya nilai-nilai pendidikan yang bermanfaat bagi generasi penerus serta warisan yang dapat terus dilestarikan. Salah satu budaya banjar yang masih dilaksanakan oleh sebagian masyarakat banjar adalah batapung tawar. Budaya batapung tawar adalah budaya umat hindu dan keharingan (dayak) yang diakulturasikan dengan nilai-nilai islam oleh kerajaan islam yang saat itu masuk islam. Dalam pelaksaannya batapung tawar diiringi dengan pembacaan shalawat, doa, dan lamtunan ayat-ayat alquran sehingga menjadi proses doa kepada Allah SWT. Betapung tawar biasanya dilaksanakan pada setiap perayaan atau selamatan-selamatan rumah, bemandi-mandi, batasmiyah dan kelahiran anak. Masyarakat yang masih melaksanakan dan mempertahankan budaya ini adalah masyarakat di Desa Pekauman kelurahan Pekauman Kabupaten Banjar.

Keyword: Budaya, Batapung Tarar


Full Text:

Untitled

References


Bakar, M. Naufal Zharif. Mengenal Budaya Nusantara. Bandung: Usaha Jaya Pratama, 2012.

Fatih, Andhika Adat dan Budaya Masyarakat Banjar,Yogyakarta: Wadah Ilmu. 2014.

Muhaimin, Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Tri Genda Karya. 1993.

Ridla, Muhammad Jawwad. Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam “perspektif sosiologis-filosofis”.Yogyakarta : Tiara Wacana. 2002.

Roqib, Muhammad. Ilmu Pendidikan Islam “pengembangan pendidikan integratif disekolah, keluarga, dan masyarakat”. Yogyakarta : Lkis 2009.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v22i2.167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313