MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE INQUIRI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI HUBUNGAN ANTAR SATUAN WAKTU, PANJANG DAN BERAT KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH ANNUR
Abstract
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian tindaan kelas (PTK), yaitu bentuk pembelajaran yang bersifat mengatifkan siswa dalam proses belajar dengan permasalahan siswa yang kurang berminat pada mata pelajaran matematika ini materi hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilasanakan dalam 2 siklus yang terdiri atas 2 pertemuan dalam I siklusnya jadi ada 4 pertemuan dalam 2 siklus. Sumber data diambil dari ativitas siswa dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas IV Madrasah ibtidaiyah Annur. Cara pengambilan data diambil dengan teknik observasi dan tes tertulis.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inquiri pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar pada materi hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Annur.
Full Text:
PDFReferences
Thahir, Andi. 2014. Psikologi Belajar. Bandar Lampung.
Asrori. 2020. Psikologi Pendidkan Pendekatan Multidispliner. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.
Farid, Miftah. 2022. “AL-QUR’AN DAN MATEMATIKA,” JURNAL ILMIAH DAN SOSIAL. 02 . No. 23.
Wahyuni, Esa Nur dan Bahruddin. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Wardani, Diny Kristianty. Psikologi Pendidikan Islam. CV. Confident, Bandung.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Suralaga, Fadhilah. 2021. Psikologi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada. Depok.
Ulfah, Mariatul. Metode Inkuiri Perspektif Al-Quran. Jurnal Kajian Tafsir Maudhu‟I.
Neviyarni. 2016. Strategi Pembelajaran. Pekanbaru. Depdikbud.
Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Pupu, Saeful Rahmat. 2018. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suryasubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v24i01.267
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index By
Contact Us :
Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial
Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam
Jl. Tanjung Rema, Martapura
Kabupaten: Banjar
Provinsi: Kalimantan Selatan
CP : Muhammad Zulkifli
Telephone: 0812-3587-1313