UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA PADA PESERTA DIDIK USIA SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH

Laila Rahmawati

Abstract


Proses meningkatkan baca menjadi urgen dengan menyiapkan strategi yang matang yang dapat diterapkan pada anak usia sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Strategi yang variatif dan tepat sesuai dengan kebutuhan peserta didik dapat merubah sikap untuk lebih senang dan sering membaca. Minat baca yang baik membawa pengaruh yang positif pada prestasi belajar dan akademik siswa sendiri. Upaya meningkatkan minat baca pada jenjang sekolah dasar, dengan beberapa tahapan yaitu tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Upaya yang dapat diterapkan untuk “menumbuhkan/menngkatkan” minat baca; proses pembelajaran di sekolah harus dapat mengarahkan kepada anak-anak supaya rajin membaca buku dengan memamfaatkan literatur yang ada di perpustakaan sekolah atau sumber belajar lainnya. Meciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuhnya minat baca anak-anakbaik dirumah maupun disekolah. Dirumah orang tua memberikan contoh membaca untuk anak-anaknya. Orang tua mengenal anak-anaknya mereka dengan baikdan dapat menyediakan waktu dan perhatian yang akan membimbing mereka berhasil dalam membaca

Full Text:

Laila_Rahmawati

References


Anindya, El Frisa Yunita, Sri Suneki, dan Veryliana Purnamasari. “Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3, no. 2 (2019): 238–45. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053.

Anisa, Azmi Rizky, Ala Aprila Ipungkarti, dan Kayla Nur Saffanah. “Pengaruh kurangnya literasi serta kemampuan dalam berpikir kritis yang masih rendah dalam pendidikan di Indonesia.” Dalam Current Research in Education: Conference Series Journal, Vol. 1, 2021.

Bukune, R. Undang-Undang Dasar 1945 dan perubahannya. Jakarta: Redaksi Bukune, 2010.

Etnanta, Yunar Chaerdinan, dan Ana Irhandayaningsih. “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa SMA Negeri 1 Semarang.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 6, no. 1 (2017): 371–80.

Idhamani, Antuk Putri. “Dampak Teknologi Informasi terhadap Minat Baca Siswa.” UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 2020, 35–41.

Ikawati, Erna. “UPAYA MENINGKATKAN MINAT MEMBACA PADA ANAK USIA DINI.” Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains 1, no. 02 (2013). https://doi.org/10.24952/logaritma.v1i02.219.

Kompasiana.com. “Minat Baca dan Strategi Penumbuhannya.” KOMPASIANA, 5 April 2022. https://www.kompasiana.com/denisyahindrawanputra4886/624c0154bb448606f0078952/minat-baca-dan-strategi-penumbuhannya.

Nurtika, L. Strategi Meningkatkan Minat Baca Pada Masa Pandemi. Lutfi Gilang, 2021. https://books.google.co.id/books?id=n801EAAAQBAJ.

Prasetyono, Dwi Sunar. “Rahasia mengajarkan gemar membaca pada anak sejak dini.” Yogyakarta: Think, 2008.

Prasrihamni, Mega, Zulela Zulela, dan Edwita Edwita. “Optimalisasi penerapan kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar.” Jurnal cakrawala pendas 8, no. 1 (2022): 128–34.

Rahim, Farida. “Pengajaran membaca di sekolah dasar.” Jakarta: bumi aksara 28 (2008).

Sumitra, Agus, dan Nita Sumini. “Peran guru dalam mengembangkan kemampuan minat baca anak usia dini melalui metode read aloud.” Jurnal Ilmiah Potensia 4, no. 2 (2019): 115–20.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Witanto, J. “Rendahnya Minat Baca Mata Kuliah Manajemen Kurikulum.” Jurnal Perpustakaan Librarian, April, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v23i02.269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313