NILAI-NILAI AL-QURAN DAN AS-SUNNAH DALAM PRAKTIK JUAL BELI PADA PASAR BATUAH MARTAPURA

Mukhlis Kaspul Anwar

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pasar Batuah Martapura yang merupakan pasar tradisional dengan sistem bernuansa Islami. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik dan nilai-nilai al-Quran dan as-Sunnah dalam praktik jual beli para Pasar Batuah Martapura tersebut.

Jenis penilitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan penilaian kualitatif. Adapun lokasi penelitian adalah di Pasar Tradisional Martapura yang beralamat di Jl. A. Yani, Kel. Murung Keraton, Kec. Martapura, Kab. Banjar, Kalimantan Selatan 70614.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, Para pedagang Pasar Batuah Martapura menerapkan praktik jual beli dengan sistem akad yang sempurna, hak memilih (khiyar), sukarela, tanpa mengandung unsur-unsur paksaan, mendatangkan manfaat dan menghindari mudharat dalam bermasyarakat, menghindari garar, menghindari riba. Kedua, nilai-nilai al-Quran dan Hadits dalam praktik jual beli pada pasar Batuah Martapura yaitu Q.S al-Baqarah 188, Q.S al-Baqarah 229, Q.S QS. An-Nisa’: 29, Q.S al-Maidah ayat  1, Q.S al-Maidah ayat 3, Q.S al-Isra ayat 34, Q.S al-An’am ayat 145, Q.S al-An’am ayat 119, Q.S an-Nisa’ ayat 29, Hadits Riwayat Bukhari, Hadits Riwayat Muslim, Hadits Riwayat Ibn majah, Hadits Riwayat an-Nasai, Hadits Riwayat Ahmad, Hadits Riwayat Abi Daud.

 

Kata kunci : nilai-nilai al-Quran as-Sunnah, jual beli, Pasar Batuah Martapura

Full Text:

PDF

References


’Abd al-Wahhab Khallaf, Ilm Ushul Al-Fiqh (Kuwait: Dar Al-Qalam, 1978).

Abd. al-Karim Zaidan, Al-Wajiz Fi Ushul Al-Fiqh (Beirut: Mu’assasah al-Risalah, 1987).

Abu Muhammad Asyraf bin Abdul Maqsud, Fikih Jual beli: Panduan Praktis Bisnis Syariah, diterjemahkan oleh Abdullah, (Jakarta: Senayan Publishing, 2008)

Abu Muhammad Asyraf bin Abdul Maqsud, Fikih Jual beli: Panduan Praktis Bisnis Syariah, diterjemahkan oleh Abdullah, (Jakarta: Senayan Publishing, 2008)

Ahmad Mustafa, Al-Maragi (Semarang: PT Karya Toha Putra, 1993).

Chairuman Pasaribu, Hukum Perjanjian dalam Islam, (Jakarta: Sinar Grafika, 1996)

Dr. Yusuf Al-Qaradhawi, Fatwa-Fatwa Kontemporer Jilid 1, diterjemahkan oleh As’ad Yasin, cet. VII, (Jakarta: Gema Insani, 2005)

Dyan Arrum Rahmadani, “Perilaku Pedagang di Pasar Tradisional Petepamus Makassar dalam Perspektif Etika Bisnis Islam”, UIN ALAUDDIN MAKASSAR, 2017

Hendi Suhendi, Fiqh Muamalah, (Jakarta:Rajawali Press,2010)

Ibnu Katsir, Shahih Ibnu Katsir jilid 1, diterjemahkan oleh Abu Ihsan Al-Atsari, cet. XIII, (Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir, 2014)

Ibnu Katsir, Shahih Ibnu Katsir jilid 2, diterjemahkan oleh Abu Ihsan Al-Atsari, cet. XIII, (Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir, 2014)

Ibnu Katsir, Shahih Ibnu Katsir jilid 9, diterjemahkan oleh Abu Ihsan Al-Atsari, cet. XIII, (Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir, 2014)

Idri dan Titik Triwulan Tutik, Prinsip-prinsip Ekonomi Islam,(Jakarta: lintas pustaka, 2008)

Johan Arifin, Bisnis Islami,(Semarang: Walisongo Press, 2009)

Jusmaliani dkk, Bisnis Berbasis Syariah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).

Jusmaliani, Bisnis Berbasis Syari’ah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)

M. Barhan Bungin, Metodologi Penelitian Kualitatif: Komunikasi Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu sosial lainnya (Jakarta: Cet1 2004)

Muhammad ’Ajjaj Al-Khatib, Ulum Al-Hadits, ’Ulumuha Wa Mustalahuha (Beirut: Dar al-Fikr, 1981).

Muhammad Ali Ash-Shabuni, Tafsir Ayat Ahkam Ash Shabuni, diterjemahkan oleh Mu’ammal Hmaidy dan Imron A. Manan, (Surabaya: Bina Ilmu, 1983)

Rasady Ruslan, Metode Penelitian Publicrelations dan Komunikasi, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008)

Saifudin Azwar dalam Endro Tri Cahyono, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007)

Suharwadi K. Lubis, Hukum Ekonomi Islam,(Jakarta: Sinar Grafika, 2000)

Yusuf As-Sabatin, Bisnis Islami & Kritik Atas Praktik Bisnis Ala Kapitalis, diterjemahkan oleh Yahya Abdurrahman, (Bogor: Al-Azhar Press , 2009)

Yusuf As-Sabatin, Bisnis Islami & Kritik Atas Praktik Bisnis Ala Kapitalis, diterjemahkan oleh Yahya Abdurrahman, (Bogor: Al-Azhar Press, 2009)

Yusuf Qaradhawi, Halal & Haram, diterjemahkan oleh Drs. Abu Sa’id al-Falahi dan Aunur Rafiq Shaleh Tahmid, Lc., cet. IX,(Jakarta: Robbani Press, 2011)




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v24i01.296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313