MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA MATERI PERMAINAN BOLA KECIL MELALUI KEGIATAN BERMAIN DI KELAS II SDN SUNGAI KITANO 2 KECAMATAN MARTAPURA TIMUR KABUPATEN BANJAR

Muhammad Nor

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani dengan kegiatan bermain hal ini akan membuat siswa termotivasi untuk mendapatkan hasil yang baik dalam pembelajaran hal ini berdasarkan dari hasil temuan guru pendidikan jasmanai dalam pembelajaran dari 6 orang siswa baru 2 orang yang telah mampu melakukan gerak dasar melempar bola dengan baik. Sedangkan 4 orang siswa belum mampu dengan baik dalam permainan bola kecil dengan baik. Jenis penelitian yang dilakukan Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan merupakan pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa tindakan, yang terjadi di dalam kelas dan dilakukan secara bersama. Hasil penellitian melalui metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani pada materi permainan bola kecil pada siswa, hal ini dibuktikan ketuntasan siswa pada sepek keterampilan pada siklus I 59% setelah di refleksi meningktan pada siklus II menjadi 92% terjadi peningkatan sebesar 33% dan pada aspek pengetahuan ketuntasan siswa siklus I 59% dan ketuntasan siswa meningkat pada siklus II menjadi 92% terjadi peningkatan sebesar 33%. Aktivitas guru yang baik dalam kegiatan pembelajaran metode bermain membantu meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani pada materi permainan bola kecil pada siswa sangat baik dan meningkat, terbukti aktivitas guru siklus I 80% terlaksana setelah direfleksi meningkat pada siklus II menjadi 96% terlaksana 16%. Aktivitas siswa yang baik dalam kegiatan pembelajaran dengan metode bermain membantu meningkatkan hasil belajar belajar pendidikan jasmani pada materi permainan bola kecil pada siswa sangat baik dan meningkat, terbukti aktivitas siswa siklus I 47% siswa aktif setelah direfleksi meningkat pada siklus II menjadi 85% siswa aktif terjadi peningkatan 38%..

Kata kunci: Hasil Belajar, Bermain, Bola Kecil

Abstract

This study aims to improve physical education learning outcomes by playing activities. This will motivate students to get good results in learning. This is based on the findings of physical education teachers in learning from 6 new students, 2 people who have been able to do basic throwing movements. ball well. While 4 students have not been able to play small ball properly. Type of research conducted This study uses a class action research approach (Classroom Action Research). Action research is an examination of learning activities in the form of actions that occur in the classroom and are carried out together. The results of research through the play method can improve physical education learning outcomes in small ball game material for students, this is evidenced by student completeness in the skills aspect in cycle I 59% after reflection it increases in cycle II to 92% there is an increase of 33% and in aspects knowledge of student completeness cycle I 59% and student mastery increased in cycle II to 92% an increase of 33%. Good teacher activity in the learning activities of the play method helps improve physical education learning outcomes in the small ball game material for students very well and increases, it is proven that the activity of the teacher cycle I was 80% carried out after reflection increased in cycle II to 96% implemented 16%. Good student activity in learning activities using the play method helps improve learning outcomes of physical education in the small ball game material for students very well and increases, it is proven that the activity of students in the first cycle is 47% active students after reflection increases in cycle II to 85% active students occur 38% increase..

Keywords: Learning Outcomes, Playing, Small Ball


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013.

Bandung: PT Refika Aditama.

Arikunto, Suharsimi 2001. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar. Jakarta : Depdiknas

Dwi Ardisusilo.2013.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bola Kasti Menggunakan Permainan Kasbol Pada Siswa Kelas IV Sd Negeri Margadana 8 Kota Tegal. Semarang : Universitas Negeri Semarang

Kosasih, Engkos. 1992. Olahraga Teknik dan Program Latihan. Jakarta: Akademika Presindo

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Hans Katzenbogner/Michael Medler. 1996. Buku-Pedoman Lomba Atletik. Jakarta : Persatuan Atletik Seluruh Indonesia

Kunandar.2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Nana Sudjana. 2009. Penilaian HasilProses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sukintaka. 2001.Teori Bermain untuk D2 PGSD Penjasorkeskes. Yogyakrta: Depdikbud Dirjen Dikti

Suparlan. 2006. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Suherman, Wawan. 2004.Kurikulum Berbasis Kompentensi Pendiikan Jamani Teori dan Praktek Pengembangan. Yogyakarta: FIK UNY

Suryobroto, Agus. 2004. Sarana dan Prasarana Pendidikan jasmani : Universitas Negeri Yogyakarta:Fakultas Ilmu Keolahragaan

Susilawatiningsih.2013. Upaya Peningkatan Kemampuan Permainan bola kecil Menggunakan Sasaran Bom Air Dengan Metode Bermain Siswa Kelas IV SD Negeri Wonosari 1 Turi Sleman. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta

Widya, Mochamad Djumidar A.2004. Belajar berlatih gerak-gerak dasar atletik dalam bermain.Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v24i01.303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313