MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI MALAIKAT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SDN JATI 1

Siti Khadijah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran aktivitas guru dan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI materi malaikat melalui model Inkuiri Terbimbing dengan Numbered Heads Together disebabkan oleh rendahnya hasil belajar PAI materi malaikat pada siswa kelas IV SDN Jati 1 yang dilihat dari hasil ulangan harian dalam tiga tahun terakhir. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jati 1 yang berjumlah 33 orang siswa, 12 siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa sedangkan data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penellitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu diperoleh skor 51 dengan kategori “baik”. Meningkat pada siklus II dengan perolehan skor 64 dengan kategori “sangat baik”. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh ketuntasan mencapai 60% dengan kategori “cukup aktif”, meningkat pada siklus II menjadi 90% dengan kategori “sangat aktif”. Hasil belajar siklus I mencapai ketuntasan klasikal sebesar 64% dan meningkat pada siklus II menjadi 96%.

Kata kunci: Hasil Belajar PAI, Numbered Heads Together, Model Pembelajaran

 

Abstract

This study aims to find out the description of teacher activities and student activities as well as student learning outcomes in learning PAI angel material through the Guided Inquiry model with Numbered Heads Together caused by the low learning outcomes of PAI angel material in class IV SDN Jati 1 as seen from the results of daily tests in last three years. This type of research is Classroom Action Research. This research was conducted in 2 cycles. The subjects of this study were fourth grade students at SDN Jati 1, which consisted of 33 students, 12 male students and 21 female students. This study uses two types of data, namely quantitative and qualitative data. Quantitative data is in the form of student learning outcomes while qualitative data is in the form of observations of teacher activities and student activities. The results of the research show that teacher activity in cycle I obtained a score of 51 in the "good" category. Increased in cycle II with a score of 64 in the "very good" category. The results of observing student activity in cycle I obtained completeness reaching 60% in the "quite active" category, increasing in cycle II to 90% in the "very active" category. The learning outcomes of cycle I achieved classical completeness of 64% and increased in cycle II to 96%.

Keywords: PAI Learning Outcomes, Numbered Heads Together, Learning Model


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v24i01.304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313