MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI KELAS V SDN SUNGAI KITANO 2 KECAMATAN MARTAPURA TIMUR KABUPATEN BANJAR

Nurjannah Nurjannah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 tentang perpindahan kalor dengan model pembelajaran Snowball Throwing, model ini siswa akan dituntut untuk mencari tahu materi pembelajaran karena ada tantangan yang harus di capai siswa diakhir pembelajaran. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan guru di dalam kelasnya dengan adanya tindakan refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru agar lebih profesional sehingga hasil belajar siswa meningkat. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran snowball trowing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 Subtema perpindahan kalor di sekitar kita di kelas V. Hal ini terbukti dengan ketuntasan siswa pada aspek pengetahuan siklus I sebesar 75% dan setelah di refleksi ketuntasan siswa meningkat menjadi 94% terjadi peningkatan sebesar 19%. Pada aspek keterampilan ketuntasan siswa siklus I sebesar 72%, setelah direfleksi meningkat menjadi 88% terjadi peningkatan sebasar 16% dari siklus I ke siklus II. Aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran snowball trowing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 Subtema perpindahan kalor di sekitar kita di kelas V, terbukti rata-rata aktivitas guru siklus I sebesar 86% terlaksana, setelah di refleksi meningkat pada siklus II menjadi 97% dengan rata-rata aktivitas guru siklus II terjadi peningkatan 11%. Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran snowball trowing dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 Subtema perpindahan kalor di sekitar kita di kelas V, terbukti rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 76% terlaksana, setelah direfleksi meningkat pada siklus II menjadi 92% dengan rata-rata aktivitas siswa siklus II terjadi peningkatan 16%.’

Kata kunci: Hasil Belajar, Perpindahan Kalor. Snow Balling


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Ade Rusliana. 2007. Konsep Dasar Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta. Bumi Aksara

Agus Suprijono. 2011. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Asrori. 2010. Penggunaan Model Belajar Snowball Throwing dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Buku Pegangan Guru PAI Kelas IX Kurikulum2013. Jakarta: Kemendikbud RI.

Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta :Depdiknas

Devi, Rukmana. 2011:12. Metode Analisis Kualitatif. Bandung: Pustaka Utama

Etin. Solihatin 2009. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran tematik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Hizbullah. 2011. Prinsip Fungsi dan Kriteria dalam Pemilihan Media Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ismail, Arif. 2008. Model-Model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kasbolah, Kasihani, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Malang : Depdiknas

Kemendikbud. 2013.Permedikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta:

Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 104 tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kemendikbud Kemendikbud.2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Kemendikbud.2013. Permendikbud No.81A tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Nana Sudjana,. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nonor 103 Tahun 2013 tentang Pendidikan Dasa dan Menengah

Sapriya. 2009 Pendidikan PAI. Bandung: Rosda Karya.

Safitri, Dian. 2011. Metode Pembelajaran Snowball Throwing. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sardijoyo Dkk. 2008. Pendidikan PAI di SD. Jakarta : Universitas Terbuka

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya : Bumi Aksara

Wina Sanjaya. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana.

Wiriatmadja,2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v24i01.305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313