MENINGKATKAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PESERTA DIDIK KELAS VIID SMP NEGERI 9 BANJARBARU

Sri Oetami

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom adtion research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIID SMP Negeri 9 Banjarbaru melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIID SMP Negeri 9 Banjarbaru pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah peserta didik 32 orang dengan rincian 20 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Siklus I dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi pada setiap akhir siklus sesuai dengan materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa secara kualitatif, terjadi beberapa perubahan. Peserta didik menunjukkan sikap antusias untuk mengikuti pelajaran, serta minat dan hasil belajar matematika peserta didik mengalami  peningkatan. Sedangkan secara kuantitatif, terjadi peningkatan skor rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu pada siklus I sebesar 71,6 menjadi sebesar 81,52 pada siklus II. Hal tersebut berarti terjadi peningkatan hasil belajar matematika peserta didik Kelas VIID SMP Negeri 9 Banjarbaru dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

 

Kata kunci: hasil belajar, aktivitas belajar, Cooperative Learning tipe Jigsaw, Sistem peredaran darah manusia


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v24i01.307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313