PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK DI SMP NEGERI 1 KARANG INTAN KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR TAHUN AJARAN 2022/2023
Abstract
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran SMP Negeri 1 Karang Intan Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar setelah dilakukan tindakan supervisi/pembinaan.
Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan di SMP Negeri 1 Karang Intan Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Jenis tindakan dalam penelitian ini adalah berupa tindakan nyata yaitu membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui supervisi Akademik. Penelitian dilakukan pada semester I, tepatnya pada bulan Agustus – Oktober 2022. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah Guru di SMP Negeri 1 Karang Intan Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar dengan jumlah 13 guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru meningkat setelah dilakukan tindakan yang berupa supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa Berdasarkan hasil supervisi edukatif siklus I dan siklus II kinerja guru meningkat, yakni siklus I Kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran siklus I mencapai 72,22 % sedangkan siklus II 94.44 %. Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran siklus I mencapai 71.59 % sedangkan siklus II mencapai 95.45 %. Kinerja guru dalam menilai prestasi belajar siklus I mencapai 80.55% sedangkan siklus II 93.05 %. Kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 60 % sedangkan siklus II 87.5 %. Dengan demikian tindakan siklus II rata-rata sudah di atas 85 %.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan tersebut dapat disimpulkan bahwa kinerja guru meningkat dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa. Untuk itu, peneliti menyarankan agar supervisi edukatif di sekolah-sekolah melaksanakan supervisi edukatif kolaboratif secara periodik.
Kata Kunci : Kinerja Guru, Supervisi Edukatif Kolaboratif
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v24i01.308
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index By
Contact Us :
Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial
Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam
Jl. Tanjung Rema, Martapura
Kabupaten: Banjar
Provinsi: Kalimantan Selatan
CP : Muhammad Zulkifli
Telephone: 0812-3587-1313