PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK DI SMP NEGERI 1 KARANG INTAN KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR TAHUN AJARAN 2022/2023

yuliani yuliani

Abstract


Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran  SMP Negeri 1 Karang Intan  Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar setelah dilakukan tindakan supervisi/pembinaan.

Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan di SMP Negeri 1 Karang Intan  Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Jenis tindakan dalam penelitian ini adalah berupa tindakan nyata yaitu membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui supervisi Akademik. Penelitian dilakukan pada semester I, tepatnya pada bulan Agustus – Oktober 2022. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah Guru  di SMP Negeri 1 Karang Intan  Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar dengan jumlah 13 guru.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru meningkat  setelah dilakukan tindakan yang berupa supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa  Berdasarkan hasil  supervisi edukatif siklus I dan siklus II  kinerja guru meningkat, yakni siklus I Kinerja guru  dalam menyusun rencana pembelajaran siklus I mencapai  72,22 % sedangkan siklus II 94.44 %. Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran siklus I mencapai 71.59 % sedangkan siklus II mencapai 95.45  %. Kinerja guru dalam menilai prestasi belajar siklus I mencapai 80.55% sedangkan siklus II  93.05 %. Kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 60 % sedangkan siklus II 87.5 %. Dengan demikian tindakan siklus II rata-rata sudah di atas 85 %.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan tersebut  dapat disimpulkan bahwa kinerja guru meningkat dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa. Untuk itu, peneliti menyarankan agar supervisi edukatif di sekolah-sekolah melaksanakan  supervisi  edukatif kolaboratif secara periodik.

Kata Kunci : Kinerja Guru, Supervisi Edukatif Kolaboratif


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v24i01.308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313