PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERUBAHAN SOSIAL DAN GLOBALISASI DI KELAS IX SMPN 1 KARANG INTAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

WINDAYANTI WINDAYANTI

Abstract


Abstract

Kurang maksimalnya hasil pembelajaran siswa kelas IX SMPN 1 Karang Intan pada mata pelajaran IPS dikarenakan oleh metode pembelajaran yang kurang aktif dan menyenangkan menjadi penyebab utama dilakukannya penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi di kelas IX SMPN 1 Karang Intan.

Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IX SMP Negeri 1 Karang Intan sebanyak 16 orang. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis yaitu nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal. Data dianalisis secara kualitatif (deskripsi) dan kuantitatif (persentase).

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata Siklus I sebesar 66,75, post-test Siklus I sebesar 73,12,  Siklus II sebesar 75,00, dan post-test Siklus II sebesar 86,25. Adapun ketutasan klasikal  Siklus I sebesar 43,75%, post-test Siklus I sebesar 68,75%,  Siklus II sebesar 87,50%, dan post-test Siklus II sebesar 100%.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran bagi guru, dalam proses belajar mengajar hendaknya menggunakan metode dan model pembelajaran sesuai dengan materi yang akan disampaikan agar siswa tidak cepat merasa bosan dalam mengikuti pelajaran dan hendaknya sebagi seorang guru menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dalam proses pembelajaran agar siswa ikut aktif dalam pembelajaran.

 

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Problem Based Learning, Hasil Belajar.

 


Full Text:

PDF

References


Amaliah, S. I. (2012). Perbandingan Hasil Belajar antara Pembelajaran Kontekstual Bermedia Video dengan yang Tidak Bermedia Video Siswa Kelas IX di MTs. Nurul Huda Beber Kabupaten Cirebon (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Amir, M. T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based learning. Jakarta: Kencana Prenada MediaGroup.

Anshori, M. (2020). Implementasi Pendidikan Influentif Terhadap Anak Dalam Perspektif Al-Qur’an. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 3(3), 34-52.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.

Cahyo, R. N., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 28-32.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Fauzan, M., Saleh, N. T., & Prabowo, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Model PBL Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Materi Statistika Untuk Meningkatkan Ketuntasan Klasikal Siswa Kelas XII MIPA 1 SMAN 9 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 403-409.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1).

Gaol, J. L., & Sinaga, S. (2020). Sosialisasi Disiplin Kerja dan Sikap Inovatif dengan Kinerja Guru SMA Negeri 14 Medan. PKM Maju Uda, 1(1), 25-30.

Glazer, E. (2001). Problem Based Instruction In M. Orey (Ed.), Emerging Perspectiveon Learning, Teaching, and Technology.

Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1992). The Action Research Planner (3rd ed.). Geelong: Deakin University Press.

Kristiantarai, M. R. (2014). Analisis kesiapan guru Sekolah Dasar dalammengimplementasikan pembelajaran tematik integratif menyongsongkurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 460–470.

Maritsa, S. F. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IX Di SMP Wahidin Kota Cirebon. Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Nasional, D. P. (2003). Undang-undang sistem pendidikan nasional. UU RI, (20).

Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual (Contextual teaching and Learning/CTL). Malang: Universitas Malang.

Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.

Raipartiwi, N. K. (2022). Penerapan metode index card macth (Index Card Match) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 2(4), 589-598.

Rosy, B., & Pahlevi, T. (2015). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Memecahkan Masalah. In Prosiding Seminar Nasional, 160, 160-175.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajarafindo Persada.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(1), 25-30.

Shofiyani, A., Aisa, A., & Sulaikho, S. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik di MI Al-Asyari’ah Jombang. Al-Lahjah, 5(2), 22-31.

Simatauw, I. S., Lokollo, L. J., & Tutupary, R. (2021). Pengaruh Disiplin Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa di SMA Muhammadiyah Patinia Desa Kawa Kecamatan Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(6), 210-216.

Sinmas, W. F., Sundaygara, C., & Pranata, K. B. (2019). Pengaruh PBL Berbasis Flipped Class terhadap Prestasi ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(3), 14-20.

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260-271.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda karya.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugihartono, F. K., Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta.

Sumiyati, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI pada Pelajaran PKN SD Negeri 09 Kabawetan. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 66-72.

Suyanto. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan.

Yusnita & Munzir. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar Pelajaran IPS dengan Contextual Teaching Learning melalui Media Gambar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 4(1), 23-38.

Zahiroh, N., Masitha, A., & Fitriya, R. L. (2018). Peningkatan Mutu Pendidikan Dengan Menerapkan Berbagai Model Pembelajaran.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v24i01.309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313