MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN TES HASIL BELAJAR MELALUI KELOMPOK KERJA GURU (KKG) MINI DI SDN PAKAPURAN KACIL 2 KECAMATAN DAHA UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

Fahrurazi Fahrurazi

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah Guru Kelas SDN Pakapuran Kacil 2 Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan berjumlah 6 orang. Analisis data dilakukan dengan menggali data, mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan KKG mini aktivitas peneliti mengalami peningkatan. Pada siklus I terlaksana 75% (kriteria baik) meningkat sebesar 12,5% sehingga menjadi 87,5 % (kriteria amat baik). Aktifitas guru dalam melaksanakan penyusunan tes hasil belajar melalui KKG Mini meningkat 22 %. Demikian juga dengan kemampuan menyusun tes hasil belajar dapat meningkat. Pada siklus I rata-rata 50% (kriteria kurang baik) menjadi 100% (kriteria amat baik) di siklus II (meningkat 50%). Bagi guru, hendaknya selalu aktif mengikuti kegiatan KKG agar dapat meningkatkan kemampuan menyusun Tes Hasil Belajar yang baik sesuai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar sehingga meningkatkan kompetensi profesional. Bagi siswa, hendaknya sungguh-sungguh dalam mengerjakan tes hasil belajar yang tepat untuk mengetahui kompetensi yang dicapainya. Bagi sekolah, hendaknya menggunakan tes hasil belajar yang baik agar dapat digunakan sebagai pedoman pengukuran bagi sekolah untuk mengetahui sudah memenuhi standart atau belum.

Full Text:

PDF

References


Abd. Rahman, Prof. Dr.. Metodologi Penelitian Tindakan Sekolah, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Fathurrahman, Muhammad. M. Pd. I dan Ruhyanani, Hindana. Drs. 2015. Sukses menjadi Pengawas sekolah Ideal. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Haryati Mimin. 2006 Sistem penilaian berbasis kompetensi teori dan praktek. Jakarta: Gaung Persada Press

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah (Salinan Lampiran)

Wardhani IGAK, Kuswaya Wihardit. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka

(http://irwansahaja.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-kelompok-kerja-guru-kkg, diakses tanggal 08 Pebruari 2018)

(http://ucokhsb.blogspot.co.id/2008/04/tujuan-manfaat-dan-kewenangan-kkg.html) diakses Pebruari 2018

(http://infopendidikan17.blogspot.co.id/2015/11/pengertian-tugas-dan-tanggung-jawab.html), diakses Pebruari 2018

https://juliawankomang.wordpress.com/2015/12/02/profesi-kependidikan/.Diakses Pebruari 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v21i2.33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313