KARAKTERISTIK REMAJA SEBAGAI PESERTA DIDIK (Analisis Surat Al-Kahfi)

Rif'ah Rif'ah

Abstract


ABSTRAK:

Masa remaja adalah masa transisi, yaitu masa yang paling banyak mengalami perubahan dan perkembangan dalam rentang kehidupan manusia, jasmani maupun rohani. Alhasil, remaja dapat menjadi manusia yang baik dan lurus, namun dapat juga mengalami penyimpangan dan permasalahan perilaku. Anak yang berhasil melewati masa remaja dengan baik telah digambarkan oleh al-quran dalam ayat-ayatnya dengan begitu jelas. masa remaja yang identik dengan usia dimana proses pendidikan sedang dalam tahap berjalan. Dalam al-qur’an terdapat karakteristik remaja sebagai peserta didik yang patut ditiru dan dicontoh agar menjadi sukses dalam masa pendidikannya. Utnuk itu perlu diteliti bagaimana sosok remaja sebagai peserta didik dalam AL-Qur’an. Fokus dan tujuan penelitian adalah bagaimana karakteristik remaja sebagai peserta didik pada surat Al-Kahfi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis maudhui. Data utama berupa ayat-ayat Al-Qur’an tentang remaja, data pendukung berupa kitab-kitab tafsir dan kitab pendukung lainnya. Pengumpulan data dilakukan dengan membaca bermacam rujukan yang sesuai, memilih sumber utama dan pendukung, mencari ayat dan hadis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik remaja sebagai peserta didik dalam surat al Kahfi adalah belajar dengan niat beribadah karena Allah, mempunyai tekad kuat dan semangat untuk belajar, menunjukkan kesungguhan dengan adab dan rendah hati, menempatkan diri selaku orang yang memerlukan pengetahuan, memuliakan guru, dan mematuhi kesepakatan dalam berguru yang ditetapkan.

 

Kata Kunci, Karakteristik, Remaja, dan peserta didik


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Al-Jaza’iri, Abu Bakar Jabir. Minajul Muslim. Solo: Insan Kamil, 2008.

Al-Kandahlawi. Himpunan Fadhilah Amal. Yogyakarta: Ash-Shaff, 2010.

Al-Munawwar, Said Agil Husin. Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki. Cet. 3. Jakarta: Intermasa, 2004.

An-Nawawi, Imam. Terjemah Hadis Arba’in an-Nawawi Terjemahan Muhil Dhofir. Jakarta: Al-I’tishom, 2001.

Balitbang Diklat Kemenag RI. Al-Qur’an Dan Terjemahannya, Edisi Penyempurnaan. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur′an, 2019.

Basir, Abd. “‘Simpul-Simpul Pendidikan Islam Pada Surah Ali Imran, an-Nisa Dan al-Maidah,’ Dalam at-Tarbawi, Jurnal Kajian Kependidikan Islam, Vol.11, No. 2, (Nopember 2012-April)” (2013).

Dradjat, Zakiah. Pembinaan Nilai Moral Di Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang, 1971.

Hamka, Haji Abdulmalik Abdulkarim Amrullah. Tafsir Al-Azhar. Jilid 6, Juzu 15. Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD, tt.

Mansur. Kamus Percakapan Bahasa Arab. Kediri: Al-Fatih Press, 2015.

Mappiare, Andi. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional, 1982.

Masqood, Ruqayyah Waris. Membawa Pemuda Ke Surga. Bandung: Penerbit Mizan, 1998.

Muslikin, M. Kamus Fi‟il (Kata Kerja). Kediri: Trimus Press, 2016.

Nata, Abuddin. Psikologi Pendidikan Islam. Cet. 1. Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2018.

Sagala, Syaiful. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta, 2011.

Santrock, John W. Remaja. Ed.11. Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2002.

Sarwono, Sarlito W. Psikologi Remaja. Cet. 17. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2015.

Tafsir, Ahmad. Pendidikan Agama Dalam Keluarga. (Bandung: Pemuda Rosdakarya, 1996.

Zubaidi. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Ed. 1. Jakarta: Penerbit Kencana, 2011.

“Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia” (n.d.): 12.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v24i01.331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313