KEMAMPUAN GURU MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH DASAR

Sabirin Bagak

Abstract


Abstrak

Hasil kegiatan kepengawasan di SDN Bagak Kecamatan Hatungun, guru belum maksimal menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran dengan baik. Melihat kondisi pembelajaran yang demikian, dirasa perlu memberikan pembinaan kepada guru-guru melalui supervisi akademik. Penelitian tindakan kelas bertujuan meningkatkan kemampuan guru menggunakan media pembelajaran melalui supervisi akademik di sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SDN Bagak Kecamatan Hatungun Kabupaten Tapin pada semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan selama enam bulan (Juli-Desember 2018). Subjek penelitian guru kelas IV, kelas V, dan kelas VI masing-masing satu orang. Pengumpulan data dengan observasi, dan penilaian pelaksanaan proses pembelajaran. Penelitian melalui 2 siklus yang setiap siklusnya dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran mengalami peningkatan, meliputi aspek administrasi (perangkat) pembelajaran, aspek proses belajar-mengajar, dan aspek penggunaan dan pengembangannya.

Kata Kunci: Supervisi akademik, penelitian tindakan sekolah, media.


Full Text:

DOC

References


DAFTAR PUSTAKA

Astuti, S. (2017). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 49-59.

Direktorat Tenaga Kependidikan. 2008). Peningkatan Mutu Pendidik dan Kependidikan. Jakarta: Ditjen PMPTK Kementerian Pendidikan Nasional.

Direktorat Tenaga Kependidikan. (2010). Supervisi Akademik. Jakarta: Ditjen PMPTK Kementerian Pendidikan Nasional.

Hairuddin, H. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran melalui Supervisi Akademik pada SDN 4 Masbagik Utara. Edisi, 1(2), 287-309.

Muntoso, E. (2014). Teknik Supervisi Edukatif Kolaboratif Berkelanjutan dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan. 1(1).

Iriyani, R. (2017). Meningkatkan Kompetensi Pedogogik Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SDN Banua Asam. Jurnal Pendidikan Prasekolah, 1(2).

Satri, N.N. (2016). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Kelas III, IV dan VI, IV dan V dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik di SD Negeri 7 Sumerta. Jurnal Pendidikan Hindu. 6(2).

Soetopo, Hendyat, dan Wasti Sumanto (1988). Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara.

Sriwahyuni, N. (tanpa tahun). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Proses Pembelajaran Berkualitas Melalui Supervisi Akademik Dengan Teknik

Kunjungan Kelas pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1).

Sugandi, E. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Supervisi Akademik dan Lesson Study. Edutech, 18(1), 102-120.

Umsari, N. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penggunaan Metode Pembelajaran melalui Supervise Klinis di Tk Budi Asih Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Elementaria Edukasia, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v21i2.34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313