KINERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF DI SEKOLAH DASAR

Abdurrahman Tapin

Abstract


Abstrak

Kinerja dan wawasan guru masih rendah, salah satu sebab adalah supervise edukatif kolaboratif yang dilakukan oleh pengawas maupun kepala sekolah cenderung menitikberatkan pada aspek administrasi saja. Jika hal ini dibiarkan maka kualitas pendidikan di sekolah dasar tidak akan berhasil dengan baik. Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran melalui supervise edukatif kolaboratif di sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan dua siklus, siklus I berupa kegiatan pendampingan menyusun rencana pembelajaran, sedangkan siklus II melaksanakan pembelajaran. Penelitian dilakukan di SD Negeri Tarungin 1 UPTD Pendidikan Kecamatan Hatungun Kabupaten Tapin selama lima bulan. Subjek penelitian sebanyak enam orang guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan melalui supervise edukatif kolaboratif aktifitas guru dalam menyusun rencana pembelajaran mengalami peningkatan. Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran dan prestasi belajar siswa juga meningkat.

Kata Kunci: kinerja guru, supervise edukatif kolaboratif, penelitian tindakan sekolah


Full Text:

DOC

References


DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Z. (2015). Peningkatan Kinerja Guru melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik di SMK Muhammadiyah 1 Berbek Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015.Lamongan: Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Paciran.

Chandra, S. (2016). Meningkatkan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Kelas melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Sistematis dan Terjadwal. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2(6).

Jokomarsono, W. (2016). Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran. Jurnal Dinamika

Manajemen Pendidikan. 4(1).

Kosman. (2017). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dalam Pembelajaran melalui

Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik. Jurnal Educatio FKIP UNMA5(1).

Muntoso, E. (2014). Teknik Supervisi Edukatif Kolaboratif Berkelanjutan dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan. 1(1).

Noor, M. (2016). Peningkatan Kinerja Guru melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif SecaraPeriodik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 8(1).

Satri, N.N. (2016). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Kelas III, IV dan VI, IV dan V Dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik di SD Negeri 7 Sumerta. Jurnal Pendidikan Hindu. 6(2).

Sukasmo. (2017). Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Kelas melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik di SDN 3 Padamara. Jurnal Pendidikan dan Sains. 1(3).

Suriadi. (2017). Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Kelas melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik di SDN Sungai Batang 1. Jurnal Mitra Pendidikan. 3(12).

Syarifuddin, A. (2016). Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Kelas melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik. Jurnal Mitra Pendidikan. 6(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v21i2.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313