KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MODEL TEAM TEACHING KELAS V SEKOLAH DASAR

Panut Raharjo

Abstract


Abstrak

Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan model team teaching kelas V sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 15 siswa SD Negeri Asam Randah pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Data diperoleh melalui pengamatan dengan menggunakan instrumen penilaian, angket, dan serta pedoman wawancara. Observasi kemampuan belajar siswa berdasarkan instrumen-instrumen observasi yang terdiri dari indikator-indikator, sistem penilaian untuk siswa didasarkan 4 kategori, yaitu tidak, kurang, sedang, dan baik.Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa pada mata pelajaran PKn mengalami peningkatan.

Kata Kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, Model Team Teaching, Kemampuan Siswa


Full Text:

DOC

References


DAFTAR PUSTAKA

Asmara, H.K. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team teaching Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 1(1).

Asmani, J.M. (2011). Pengenalan dan Pelaksanaan Lengkap Micro Teaching Team Teaching: Yogyakarta: Diva Press.

Asnawi. (2017). Penerapan Model Team Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Globalisasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gumilir 05 Cilacap. Semarang: FKIP Universitas Negeri Semarang.

Berta, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Team teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. E-journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1).

Hanum, L & Muhammad M. (2013). Penerapan Metode Team teaching Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 9 Tunas Bangsa Banda Aceh. Chimica Didactica Acta. 1(1).

Handayani, W.E. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Pokok Bahasan Penjelajahan Melalui Strategi Team teaching Pada Kelas VI SDN Tanggul Kulon 01 Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran. 4(1).

Indrawati, T. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Pendekatan Kontruktivisme Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 15(1).

Julaeha, O. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kewarganegaraan Siswa Kelas V SDN Nanggeleng 1 Kota Sukabumi. Utile Jurnal Kependidikan. 1(1).

Kholifudin, M.Y. (2011). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Model Team teaching Pada Siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 2 Kebumen Tahun Pelajaran 2009/2010. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 2(2).

Novianty, F & Sheila, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX C SMP Negeri 1 Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Nurshabrina, M. (2012). Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Globalisasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gumilir 05 Cilacap. Semarang: FKIP Universitas Negeri Semarang.

Patmawati, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Team Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SDN Nanggeleng 1 Kota Sukabumi. Utile Jurnal Kependidikan. 1(2).

Sudarmi, M.Y., I Wayan, S & I Made S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. E-journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1).

Wiradinata, D.R. (2013). Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Melalui Team Teaching. Jurnal Edunomic. 1(2).

Wulandari, I. (2017). Model Pengelolaan Kelas Dengan Team teaching Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VIII SMP Muhammadiyah Program Khusus Kota Barat Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v21i2.36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313