KONSEP RAUDHATUL ATHFAL TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

LUSIANA LUSIANA

Abstract


Raudhatul Athfal merupakan salah satu lembaga pendidikan anak usia dini yang berlandaskan keislaman dengan konsep Alquran dan Hadist. Pendidikan islam anak usia dini melalui Raudhatul Athfal berperan sebagai lembaga yang dapat membentuk kepribadian anak dengan menanamkan nilai-nilai agama, moral dan pada sisi pertumbuhan serta perkembangan dalam aspek psikis, fisik, kognitif serta perkembangan sosial dan agama. Oleh sebab itu, Raudhatul Athfal menjadi lembaga pilihan para orang tua yang memiliki tugas-tugas pada lembaga kemasyarakatannya dan yang tidak dapat lagi mendidik anaknya untuk segala jenis kebutuhan keterampilan dalam hidup. Berdasarkan kenyataan di atas menunjukkan bahwa Raudhatul Athfal sudah semestinya mendapatkan perhatian besar dalam pengelolaannya dan meningkatkan mutu layanan pendidikan dengan melakukan 8 (delapan) standar pendidikan yang telah ditetapkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dasar teori Raudhatul Athfal berdasarkan hasil penelitian yang telah dicapai dalam bidang pendidikan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif jenis non-interactive.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa dasar teori Raudhatul Athfal sebagai lembaga pendidikan anak usia dini berkonsepkan ajaran islam yang bersumber pada alquran dan hadis, materi dan kurikulum yang digunakan adalah dasar-dasar ajaran islam. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Raudhatul Athfal merupakan lembaga pendidikan anak usia dini yang berteorikan kepada Alquran dan Hadis serta nilai-nilai agama.

Kata kunci: Orang Tua, Paud, Raudhatul Athfal


Full Text:

Untitled

References


Departemen Pendidikan Nasional, Standar Kompetensi Taman Kanak-Kanak dan Raudatul Athfal.

Hawadi, Reni Akbar.(2001). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Grasindo.

Juwariyah, (2010). Dasar-dasar Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: Teras.

Mansur, (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tadjuddin, Nilawati. (2015) Desain pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandar Lampung: Aura Printing dan Publishing.

Undang-Undang Dasar 45 dan Amandemennya. Surakarta: Sendang Ilmu.

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan Amandemen. Jakarta:Pustaka Sandro.

Schumacher, James H. McMilllan dan Sally. (2001). Research in Education: A Cconseptual introduction. New York: Longman.

Sudjana. (2012). Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumber Prosiding:

Alfiana, Riza. Skripsi 2016.“PartisipasiMasyarakat Dalam PengembanganLayanan Anak Usia Dini Holistik Integratif DiPos PAUD Pelangi Kelurahan Pedalangan Kecamatan Banyumanik Semarang”, Universtas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v24i02.380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313