PENERAPAN STRATEGI CONCEPT MAP PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAS AL-ISLAM NURUL MAAD

Mihrab Afnanda

Abstract


Abstrak

Keinginan untuk mewujudkan pembelajaran yang maksimal dan menarik. Dalam proses pembelajaran kemampuan guru merupakan bagian yang paling penting dalam proses belajar-mengajar. Tanpa kemampuan, penyampaian materi dan pengelolaan kelas tidak dapat berjalan dengan baik. Dari hasil bahwa Penerapan Strategi Concept Map cukup efektif pada saat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan guru menggunakan Strategi Concept Map secara baik, baik dari segi perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, pelaksanaan pembelajaran, maupun ketika kegiatan evaluasi dilaksanakan. Itu semua ditandai dengan antusiasnya siswa selama proses belajar mengajar berlangsung.

Kata Kunci: Penerapan, Pembelajaran, Strategi Concept Map


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. 2005.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat, (Jakarta Gramedia Pustaka Utama), op.cit. hal. 1448

Lexy J. Meleong, Metodologi Penelitian Kualitatir. Bandung : Remaja Rosda Karya 2000.

Mudjion, Dimyati. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Munandar, Utami. Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta. 1996.

Nasution, S. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 2010.

Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia. 2014.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. 1995.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, cetakan ke-7. Bandung: Alfabeta, 2009.

Sukmadinata dan Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2007.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2002.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2006.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2004.

Winkel, W.S. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi. 2009.

Strategi-pembelajaran-peta-konsep

http://sharingknowledgecaesaria.blogspot.co.id/2010/06/html.

Strategi-belajar-peta-konsep,http//www.google.co.id/amp/s/shiputhputh.wordpress.com/2011/06/08/hmtl




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v21i2.40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313