PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH PANGERAN ANTASARI MARTAPURA

khalilurrahman khalilurrahman

Abstract


Guru aqidah akhlak tidak hanya dituntut untuk menguasai materi yang disampaikan namun, juga dituntut untuk mengembangkan materi yang akan disampaikan. selanjutnya dalam proses pembelajaran, untuk mencapai tujuan pembelajaran di harapkan guru Akidah akhlak dapat mengamati dan mengerti kesulitan-kesulitan yang di alami siswa pada mata pelajaran yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, mendeskripsikan peran guru aqidah akhlak dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa kelas VIII, dan mengidentifikasi kendala yang dialami guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Pangeran Antasari Martapura. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan melakukan redukasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa yaitu sikap acuh tak acuh siswa seperti siswa yang tidak memperhatikan pada saat guru menjelaskan pelajaran di depan kelas, siswa sibuk sendiri, dan juga gangguan belajar pada siswa seperti kurang fokus contohnya ada teman yang mengajak bicara pada saat guru menerangkan di depan kelas, sehingga membuat siswa tersebut tidak fokus lagi dengan apa yang di sampaikan oleh guru. Peran yang dilakukan guru mata pelajaran aqidah akhlak dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu, sebagai pembimbing seperti memberikan arahan dan membina peserta didik sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, peran guru sebagai motivator seperti memberikan motivasi atau dorongan kepada siswa sehingga menjadikan siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas, peran guru sebagai pengelola kelas seperti seorang guru harus bisa menciptakan suasana belajar yang tenang dan juga menyenangkan sehingga menjadikan siswa tidak cepat bosen pada saat belajar.

Kata kunci: Peran, Aqidah Akhlak, Kesulitan Belajar.


Full Text:

PDF

References


Amka Abdul Azis, Guru Profesioanll Nerkarakter, KlatenL Cempaka Putih , 2012.

Bukhari Umar, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah,2010.

Djamarah, S, B, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

https://mutaqins.blogspot.com/2016/03/acuh-tak-acuh-dalam-Islam.html?m=1

Muhammad Irham, Novan Ardy Wiyani, Psikilogi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran, Jogjakarta, Ar-Ruzz Media, 2013.

Muhibin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Mulyadi, Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus, Yogyakarta: Nuha Litera, 2010.

Mulyadi, Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus, Yogyakarta: Nuha Litera, 2010.

Rofiqi dan Zaiful Rosyid, Diagonosis Kesulitan Belajar Pada Siswa, Malang: Literasi Nusantara, 2020.

Thursan Hakim. 2003. Panduan Praktis bermain Gitar Pop klasik. Jakarta : CV. Puspa Swara.

Undang-undang RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Bab 1 Pasal 1

Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v24i02.448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313