PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Ismail Ismail

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi proses dan dampak metode pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Zakat di Kelas V SDN Jawa 5 Martapura. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup dua pertanyaan utama, yaitu bagaimana proses metode pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan bagaimana metode tersebut secara khusus berkontribusi pada materi Zakat. Dengan mengumpulkan data melalui evaluasi tes tertulis pada akhir pembelajaran, penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I, 43,33% siswa telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 52,58% siswa belum mencapai ketuntasan. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan, di mana seluruh siswa (100%) berhasil mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian, metode pembelajaran Make a Match terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat secara signifikan melalui penerapan metode pembelajaran Make a Match. Proses ini tidak hanya meningkatkan daya serap siswa (dari 43,33% menjadi 100%), tetapi juga membantu peserta didik mengoptimalkan kemampuan mental mereka untuk beraktivitas. Selain itu, suasana pembelajaran yang menyentuh hati dan penuh kebersamaan memperkaya pengalaman belajar peserta didik, khususnya dalam pemahaman terhadap materi Membayar Zakat. Oleh karena itu, metode pembelajaran Make a Match tidak hanya menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna tetapi juga berkontribusi pada pencapaian ketuntasan belajar pada materi tertentu.

Kata kunci: Metode Make A Match, Meningkatkan, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Anitah, Sri. 2014. Strategi Pembelajaran Di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Arief, M. Miftah. 2022a. “Belajar Dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.” 2022. https://scholar.google.com/scholar?cluster=4287865999647640129&hl=en&oi=scholarr.

———. 2022b. Belajar Dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI). Batu: CV. Literasi Nusantara Abadi. https://isbn.perpusnas.go.id/Account/SearchBuku?searchTxt=Belajar dan pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) sekolah dasar (SD)/ madrasah ibtidaiyah (MI)&searchCat=Judul.

———. 2023. “Reshaping Habituation Program to Optimize Children Self-Development in Elementary.” Qualitative Research in Educational Psychology 1 (01): 1–11. https://journal.nubaninstitute.org/index.php/qrep/article/view/3.

Febryani, Putu Diah, Desak Putu Parmiti, and S.Psi Nice Maylani Asril. 2015. “PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 3 (1). https://doi.org/10.23887/PAUD.V3I1.6026.

Fitriati, Erlina, and Syamsu Hadi. 2014. “KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR PERMINTAAN DAN PENAWARAN UANG PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 16 SEMARANG.” Economic Education Analysis Journal 3 (1): 65–71. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4142.

Gunawan, Gunawan, Lilik Kustiani, and Lilik Sri Hariani. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS 12 (1): 14–22. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/4840.

Ifrianti, Syofnida, and Yesti Emilia. 2018. “PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MIN 10 BANDAR LAMPUNG.” Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 3 (2): 22–42. https://doi.org/10.24042/TERAMPIL.V3I2.1186.

IFRIANTI, SYOFNIDAH, and ARISKA DESTIA PUTRI. 2017. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKANALAT PERAGA JAM SUDUT PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 SUNUR SUMATERA SELATAN.” Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 4 (1): 1–19. https://doi.org/10.24042/TERAMPIL.V4I1.1810.

Oktavia, Shilphy A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Slameto, Nugroho Adhi Santoso. 2016. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Make a Match Berbantu Media Gambar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Sebelas Maret 4 (2): 96–101. https://www.neliti.com/id/publications/119260/.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.

Sundari, Fitri Siti, and Elis Indrayani. 2019. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) 2 (2): 72–75. https://doi.org/10.55215/JPPGUSEDA.V2I2.1449.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v22i1.461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313