MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS DENGAN MODEL POSTER
Abstract
Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah kurangnya kemampuan berpikir kritis
dan hasil belajar siswa kelas IV muatan IPS. Permasalahan ini disebabkan karena belum
optimalnya pencapaian hasil belajar IPS, kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran,
dan kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa. Proses pembelajaran masih secara
konvensional, sehingga siswa tidak terlihat aktif untuk bertanya maupun mengungkapkan
pendapat pada saat proses belajar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk
menganalisis kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini
yaitu siswa kelas IV SDN Kelayan Dalam 5 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan
jumlah 23 siswa 9 siswa laki laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan
berpikir kritis siswa pada pertemuan 1 memperoleh skor 13,04% dengan kriteria “kurang
kritis” dan terus meningkat sampai pertemuan 4 dengan skor 91,30% dengan kriteria “sangat
kritis”. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada pertemuan 1 memperoleh skor
47,38% dengan kriteria “tidak tuntas” dan terus meningkat sampai pertemuan 4 dengan skor
100,00% dengan kriteria “tuntas”. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran menggunakan model Poster dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Think
Pair Share, Team Game Turnament
Abstract
The problem taken in this study is the lack of critical thinking skills and learning outcomes of
social studies content in grade IV students. This problem is caused by the suboptimal
achievement of social studies learning outcomes, lack of student involvement in learning, and
lack of students' critical thinking skills. The learning process is still conventional, so students
are not seen actively asking questions or expressing opinions during the learning process. This
research method uses qualitative and quantitative approaches with the type of classroom
action research (PTK) which aims to analyze critical thinking skills and student learning
outcomes. The subjects in this study were fourth grade students of SDN Kelayan Dalam 5
Banjarmasin Academic Year 2022/2023 with a total of 23 students, 9 males and 14 females.
The data collection techniques used were observation and tests. The results showed that
students' critical thinking skills at meeting 1 obtained a score of 13.04% with the criteria "less
critical" and continued to increase until meeting 4 with a score of 91.30% with the criteria
"very critical". The completeness of students' learning outcomes classically at meeting 1
obtained a score of 47.38% with the criteria "not complete" and continued to increase until meeting 4 with a score of 100.00% with the criteria "complete". Based on the results of this
study, it can be concluded that learning with the Poster model can improve students' critical
thinking skills and learning outcomes.
Keywords: Critical Thinking Skills, Learning Outcomes, Problem Based Learning, Think Pair
Share, Team Game Tournaments
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Agusta, A. A. R. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema
Ekosistem dengan Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran
Inquiry Learning, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) dan
Team Game Tournament (TGT) Pada Kelas 5B SDN Sungai Miai 7 . Paradigma,
(1).
Agusta, A. R., & Fauzi, Z. A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Melalui Keterampilan Membaca Pemahaman Dalam Menemukan Informasi
Penting Dengan Kombinasi Model Directed Inquiry Activity (DIA), Think Pair
Share (TPS) Dan Scramble Pada Siswa Kelas V SDN Pemurus Dalam 7
Banjarmasin. -, 5(2), 101–116.
Amberansyah, & Jannah. (2022). Penanaman Nilai Karakter Pada Siswa Sekolah
Dasar Melalui Model Give The Instruction. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan,
(2), 85–91.
Asniwati, A., Fauzi, Z. A., & Fikri, H. (2018). Improving Learning Activities Using a
Combination of Mind Mapping Model, Think Pair Share and Game Tournament
Tahun Terbit 2018. Proceedings of the 1st International Conference on Creativity,
Innovation and Technology in Education (IC-CITE 2018), 274.
Dakhlan, Z., Aslamiah, A., & Cinantya, C. (2021). Meningkatkan Aktivitas, Disiplin
Dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPS Materi Kegiatan Ekonomi
Menggunakan Model Gintama (Group Investigation, Numbered Head Together
Dan Make A Match) Pada Siswa Kelas IV SDN Kuin Utara 1 Banjarmasin. Seminar
Nasional Prasekolah, Sekolah Dasar Dan Manajemen Pendidikan.
Fauzi, Z. A., & Fikri, H. (2018). Improving Learning Activities Using A Combination Of
Mind Mapping Model, Think Pair Share And Teams Game Tournament. 1st
International Conference on Creativity, Innovation and Technology in Education
(IC-CITE 2018), 318–322.
Jannah, F., Fahlevi, R., Sari, R., Radiansyah, R., Yuda, Y., Puspita, P. M., & Zefri, M.
(2023). Implementation Of The Proton Model In Improving Elementary School
Students Writing Skills. INTED2023 Proceedings, 5168–5175.
Maulana, Z., & Fauzi, Z. A. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema
Daerah Tempat Tinggalku Muatan PPKn Menggunakan Kombinasi Model
Pembelajaran Problem Based Learning, Mind Mapping Dan Word Square Di
Kelas IV SDN Sungai Pantai 2 Barito Kuala. -, 5(2), 167–174.
Noorhapizah, N., Nur’alim, N., Agusta, A. R., & Fauzi, Z. A. (2019). Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Keterampilan Membaca Pemahaman
Dalam Menemukan Informasi Penting Dengan Kombinasi Model Directed12 Darussalam, Volume 24, No. 02, November 2023
Copyright © 2023, IAI Darussalam Martapura
Inquiry Activity (DIA) Think Pair Share (TPS) Dan Scramble Pada Siswa Kelas V
SDN Pemurus Dalam 7 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP, 5(2).
Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based
Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran
Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202.
Permana, A., Aslamiah, A., & Asrani, A. (2021). Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Dan
Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPS Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Menggunakan Model Kompor (Kelompok, Menganalisis, Presentasi, Organisasi
Dan Ramai) Pada Kelas V SDN Belitung Selatan 7 Kota Banjarmasin. Seminar
Nasional Prasekolah, Sekolah Dasar Dan Manajemen Pendidikan.
Pitriani, S., Ningsih, Y., Andrean, S., & Ningsih, I. (2020). Analisis Pembelajaran
Tematik-Integratif Berbasis Multiple Intellegences Di Era Revolusi Industri 4.0.
El Midad, 12(1), 54–69.
Pratiwi, D. A., & Adenan, F. (2019). Implementasi Kombinasi Model Auditory,
Intellectually, Repitition (AIR), Mind Mapping Dan Course Review Horay (CRH)
Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IVA SDN Sungai Lulut 5 Kota.
-, 5(2), 77–88.
Putri, A. (2019). Implementasi Kombinasi Model Team Assisted Individualization,
Numbered Heads Together, Team Games Tournament untuk Meningkatkan
Aktivitas Belajar Siswa PKn Pada Siswa Kelas V SDN Pengambangan 9
Banjarmasin. -, 5(1), 167–178.
Rahmaniah, L., & Noorhapizah, N. (2022). Developing Activity, Motivation And
Cognitive Development Through Mama Papa Model In Earlychildhood. E-CHIEF
Journal, 2(1), 1–11.
Saputro, B., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Peningkatan
Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model
PBL Pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 621–631.
Sari, R., Jannah, F., & Rahmi, N. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Dan Hasil
Belajar Menggunakan Model Ground Peat Untuk Siswa Sekolah Dasar. DIKSEDA:
Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 47–62.
Suriansyah, A., Agusta, A. R., & Setiawan, A. (2021). Model Blended learning
ANTASARI untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan
Memecahkan Masalah. Journal of Economics Education and Entrepreneurship,
(2), 90–110.
Suriansyah, A., Amelia, R., & Lestari, M. A. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Kombinasi Model
Problem Based Learning (PBL), Think Pair And Share (TPS) Dan Teams Games
Tournament (TGT) Di Kelas VB SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin. -, 5(1), 27–36
DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v24i02.462
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index By
Contact Us :
Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial
Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam
Jl. Tanjung Rema, Martapura
Kabupaten: Banjar
Provinsi: Kalimantan Selatan
CP : Muhammad Zulkifli
Telephone: 0812-3587-1313