KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN AL-QABISI

Maulida Hayatina

Abstract


Studi tokoh pendidikan Islam guna mendapatkan gagasan konseptual pendidikan merupakan bidang kajian yang mesti terus dilakukan karena dapat dijadikan sebagai bahan teoritis dalam pengembangan serta penyempurnaan formulasi pendidikan Islam yang ideal. Sejarah mencatat bahwa peradaban pendidikan Islam pernah mencapai puncak kejayaan, pencapaian tersebut tentu saja tidak terlepas dari gagasan-gagasan berlian tokoh pendidikan pada masa tersebut. Salah satu tokoh tersebut adalah al-Qabisi sebagai tokoh yang menaruh konsentrasi, kredibilitas dan peran penting dalam pengembangan dunia pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan cara melakukan penelurusan karya ilmiah terkait menjawab bagaimana konsep pendidikan Islam menurut pemikiran al-Qabisi. Hasilnya menunjukkan bahwa al-Qabisi memiliki pemikiran kritis terhadap pengembangan pendidikan dari berbagai perspektif. Seperti, pemikiran mengenai anak didik bercampur antara anak didik laki-laki dan perempuan dapat memperngaruhi psikologi anak didik lainnya. Adapun mengenai kurikulum yang dibaginya menjadi2 (dua), yaitu: kurikulum ijbāri sebagai kurikulum wajib seperti al-Qur’an dan kurikulum ikhtiyāri sebagai kurikulum pilihan seperti berhitung, kisah-kisah orang Arab, syair dan sebagainya. Begitu juga halnya dengan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan psikologi perkembangan anak.

Full Text:

PDF

References


Afifah, Nur. (2023). Efektivitas Pemisahan Kelas Peserta Didik Laki-laki dan Perempuan terhadap Tingkat Self Concept dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus SMP IT Khairunnas Kota Bengkulu). UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Bengkulu.

al-Ahwani, Ahmad Fuad. (1980). al-Tarbiyah fi al-Islam. Dar al-Ma'arif. Kairo.

al-Jumbulati, Ali. (1994). Dirasatun Muqaranatun fit Tarbiyyatil Islamiyyah. Terj. M. Arifin. Rineka Cipta. Jakarta.

al-Jumbulati, Ali. dan al-Tuwanisi, Abd al-Futuh. (1994). Perbandingan Pendidikan Islam. Penterjemah: M. Arifin. Rineka Cipta. Jakarta.

al-Na'miy, Abdulah al-Amin. (1994). Kaedah dan Teknik Pengajaran Menurut Ibn Khaldun dan al-Qabisi. Penterjemah: Mohd. Ramzi Umar. Dewan Bahasa dan Pustaka Kementerian Pendidikan Malaysia. Kuala Lumpur.

Assegaf, Abd. Rachman. (2013). Aliran Pemikiran Pendidikan Islam. Raja Grafindo Persada. Jakarta. 2013.

Muslim, (2016). Konfigurasi Pemikiran Al-Qabisi tentang Pendidikan. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 2, No. 2.

Nata, Abuddin. (2003). Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Raja Grapindo Persada. Jakarta.

Ramayulis, dan Nizar, Samsul. (2005). Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam. Quanthum Teaching, Ciputat.

Syamsyuddin, Abdullah Al-Amir. (1990). Al-Fikr al-Tarbiyah ‘inda Ibnu Sahnun wa al-Qabisi, Dar al-Fikriyah.

Taqiyah, Barotut. (2016). Pengaruh Pemisahan Kelas Peserta Didik Laki-laki dan Perempuan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v24i02.477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313