PEMBERDAYAAN MODERASI BERAGAMA PADA MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA DI BANJARMASIN

Emroni Emroni

Abstract


Abstrak

Penelitian pemberdayaan ini bertujuan untuk mendeskripsikan, memaparkan, metode dan strategi penguatan moderasi beragama pada pserta didik. Metode penelitian dalam berbentuk PAR. Hasil temuan penelitian menunjukkan pemberdayaan Madrasah Ibtidaiyah Mitra Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin tentang moderasi beragama telah dilaksanakan di 4 Madrasah Ibtidaiyah yang menjadi subjek dampingan. Ada 2 Madrasah Ibtidaiyah yang berlokasi di Kota Banjarmasin  dan 2 Madrasah Ibtidaiyah yang berada di Kabupaten Banjar. Pemberdayaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas subjek dampingan mengenai moderasi beragama kegiatan pemberdayaan dilaksanakan dalam bentuk Focus Group Discussion, dengan tema nilai-nilai moderasi beragama yang terdiri dari  komitmen kebangsaan, toleransi, radikalisme dan penghargaan terhadap budaya lokal. Metode dan strategi yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai tersebut melalui kegiatan kulikuler, ekstra kulikuler, pembiasaan dan peringatan hari-hari besar Islam. Nilai komitmen kebangsaan penerapannya diimplementasikan dalam bentuk apel bendera, pembelajaran PPKN dan juga pembelajaran PAI. Sementara nilai toleransi dan radikalisme difokuskan pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits, Fikih, Akidah Akhlak dan SKI (PAI) yang diinternalisasikan dan diintegrasikan pada sub-sub bahasan PAI tersebut. sekalipun moderasi beragama tidak menjadi bagian mata pelajaran, tetapi dia memuat pesan-pesan moderasi beragama. Sedangkan akomodasi terhadap budaya lokal lebih di titik beratkan pada pembiasaan-pembiasaan di Madrasah.

 

Kata kunci: Pemberdayaan, kebangsaan, tolerasi, radikal, kearifan lokal.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Afnanda, Mihrab. 2021a. “HUBUNGAN PENDIDIKAN ANTI-KORUPSI DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK DALAM ISLAM SEBAGAI MANIFESTASI PENCEGAHAN PRILAKU KORUPSI (Kajian Nilai-Nilai Kejujuran, Kepedulian Dan Keadilan).” Darussalam 22 (2).

———. 2021b. ‪ILMU PENDIDIKAN DALAM KAJIAN KEISLAMAN‬. Madza Media. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=zRgjFMUAAAAJ&citation_for_view=zRgjFMUAAAAJ:IjCSPb-OGe4C.‬‬‬‬‬

———. 2021c. “Perhatian Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam.” Tarbiyah Darussalam: Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Keagamaan 5 (1).

Afandi, Agus, Mohammad Hadi Sucipto, dan Abdul Muhid. Modul participatory action research (PAR) untuk pengorganisasian masyarakat (community organizing). Lembaga Penelitian dan Penelitian kepada Masyarakat, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2016.

Arif, Khairan Muhammad. Islam Moderasi: Tela’ah Komprehensif Pemikiran Wasathiyyah Islam, Pespektif Al-Qur’an dan As Sunnah, Menuju Islam Rahmatan Li Al-Alamin. Jakarta: Pustaka Ikadi, 2020.

Aziz, Aceng Abdul, dan dkk. Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Cetakan I. Jakarta: Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Bekerjasama dengan Lembaga Daulat Bangsa, 2019.

Bagir, Haidar. Islam Tuhan Islam Manusia. Almizan, 2017.

Baidhawy, Zakiyuddin. Pendidikan agama berwawasan Multikultural. Erlangga, 2005.

Darmadi, Hamid. “Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional.” Edukasi: Jurnal Pendidikan 13, no. 2 (2016): 161–74.

Fauzi, Ahmad. “Moderasi Islam, Untuk Peradaban Dan Kemanusiaan.” Jurnal Islam Nusantara 2, no. 2 (2018): 232–44.

Futaqi, Sauqi. “Konstruksi Moderasi Islam (Wasathiyyah) Dalam Kurikulum Pendidikan Islam.” Dalam Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 521–30, 2018.

Hamalik, Oemar. “Manajemen Pengembangan Kurikulum,(Bandung: PT RemajaRosdakarya).” Mas’ ud, Abdurrahman, 2004.

Hamid, Abdul. “Guru Profesional.” Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan 17, no. 2 (2017): 274–85.

Harto, dan Kasinyo. Pengembangan Pembelajaran PAI Berwawasan Islam Wasatiyah (Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Peserta Didik). Semesta Aksara, 2021.

Hefni, Wildani. “Moderasi Beragama Dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.” Jurnal Bimas Islam 13, no. 1 (2020): 1–22.

Hornby, A. S. Oxford Advanced Learner’s Dictionary , ed: Sally Wehmeier. Oxford: Oxford University Press, 2000.

Husna, Ulfatul. “Moderasi Beragama di SMA Negeri 1 Krembung-Sidoarjo: suatu pendekatan Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi tantangan ekstrimisme.” UIN Sunan Ampel Surabaya, 2020.

Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003.

Indonesia, Kementerian Agama Republik. “Pengembangan Standar Nasional PAI.” Nomor 211 th 2011 tentang Pedoman Pengembangan Standar Pendidikan Nasional Pendidikan Agama Islam pada Sekolah, 2015

Iqbal, Abu Muhammad. Pemikiran pendidikan Islam: gagasan-gagasan besar para ilmuwan Muslim. Pustaka Pelajar, 2015.

Kementerian Agama. “Peraturan Menteri Agama nomor 18 tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Agama Tahun 2020-2024.” Sekretariat Jenderal, 2020.

Khotimah, Husnul. “Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Pesantren.” Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2020): 62–68.

Mahyuddin032, Mahyuddin. “Peran Strategis IAIN Ambon dan IAKN Ambon Dalam Merawat Toleransi Sosial dan Moderasi Beragama di Ambon Maluku.” KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan 13, no. 1 (2020): 103–24.

Niam, Khoirun. “Kekerasan bernuansa agama di Indonesia dan konsekkuensi pilihan materi pendidikan agama.” NIZAMIA Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2005): 86–108.

Pemerintah, Peraturan. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru. Diakses pada, 2020.

Pendidikan, Kementerian, dan Kebudayaan Republik Indonesia. “Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru.” Jakarta, Indonesia: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2007.

Rubaidi, Rubaidi, Hernik Farisia, dan Fatikul Himami. Moderasi Beragama Berbasis Potensi, Aset, dan Budaya Masyarakat Lokal: Best Practice KKN Nusantara dengan Pendekatan ABCD di Kecamatan Sulamu, Kupang, NTT. Kanzun Books, 2020.

Saidurrahman, T. G. S. “Penguatan moderasi Islam di Indonesia dan peran PTKIN.” Dlm. A. Arifin (pnyt.), Moderasi beragama dari Indonesia untuk dunia. Yogyakarta: LKiS, 2019.

Saifuddin, Lukman Hakim. Moderasi Beragama. Cet. I. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementrian RI, 2019.

Sidik, Firman. “Guru Berkualitas Untuk Sumber Daya Manusia Berkualitas.” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 2 (2016): 109–14.

Sugono, Dendy, dan dkk. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Suharto, Babun. Moderasi Beragama; Dari Indonesia Untuk Dunia. Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara, 2021.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Umar, H. Nasaruddin. Islam Nusantara: Jalan panjang moderasi beragama di Indonesia. Elex Media Komputindo, 2021.

Yusutria, M. A. “Profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.” Curricula: Journal of Teaching and Learning 2, no. 1 (2017).

Zafi, Ashif Az. “Penerapan Nilai-nilai Moderasi al-Qur’an dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an dan Hadis 21, no. 1 (2020): 23–46.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v25i1.504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313