PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA YANG BERKETUHANAN YANG MAHA ESA

Radiansyah Radiansyah

Abstract


Pancasila sebagai dasar negara berati menjadi pedoman dalam mengatur kehidupan penyelenggaraan ketatanegaraan negara dalam berbagai bidang. Bidang-bidang tersebut meliputi politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan. Dalam buku Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara (Ronto: 2012), Pancasila telah ada dalam segala bentuk kehidupan rakyat Indonesia, terkecuali bagi mereka yang tidak Pancasilais. Pancasila lahir 1 Juni 1945, ditetapkan pada 18 Agustus 1945 bersama-sama dengan UUD 1945. Sejarah Indonesia telah mencatat bahwa di antara tokoh perumus Pancasila adalah, Mohammad Yamin, Soepomo, dan Sukarno. Warga Negara memiliki kepercayaan masing-masing pada agamanya dan Tuhan-Nya untuk menaati perintah Tuhan dan menjauhi larangan-Nya. Bagi orang Indonesia, Pancasila merupakan kristalisasi nilai-nilai luhur yang hidup dan merasuk dalam kehidupan keseharian masyarakat suku-suku bangsa di Indonesia sejak lama, dan sekaligus merupakan ciri khas budaya dan peradaban manusia Indonesia yang harus terus dipelihara. Seiring dengan perkembangan zaman, disamping banyaknya permasalahan yang timbul di masyarakat, menyebabkan nilai-nilai luhur Pancasila tersebut mulai tergerus dari kehidupan keseharian masyarakat kita. Salah satunya adalah nilai luhur dari sila pertama yakni Ketuhanan Yang Maha Esa.

Full Text:

Tidak berjudul

References


Hendara, W. Makna Sesungguhnya Di Balik Sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Retrieved from Wahana Mandiri: http://wm-site.com/opini/makna-sesungguhnya-di-balik-sila-ketuhanan-yang-maha-esa, (11 January 2017).

Detik.com. Ledakan Bom di Depan Gereja Samarinda, Ini 5 Sikap Nasyiatul Aisyiyah. Samarinda, (2016).

Character Building: Pancasila. Jakarta: BINUS UNIVERSITY, T. C, 2014.

Kaelan, dan Achmad Zubaidi, Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi, Berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 43/Dikti/Kep/2006, Yogyakarta: Paradigma, 2007.

Winarno, Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan Panduan Kuliah di Perguuruan Tinggi, ed. Ke dua, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007

M. Setiadi, Elly, Panduan Kuliah Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Kaelan , M. S. Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Paradigma Offset, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v22i1.56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313