PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN KONSEP PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN BARUH JAYA KECAMATAN DAHA SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN


Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas, hasil belajar, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dengan konsep perkalian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian yaitu 24 (dua puluh empat) siswa kelas IV MIN Baruh Jaya Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis hasil belajar siswa, observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa yang diharapkan dalam pembelajaran terdapat peningkatan dengan menggunakan pendekatan PMR dengan konsep perkalian di kelas IV MIN Baruh Jaya Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Peningkatan aktivitas siswa pada siklus I 56,5% naik menjadi 74% pada siklus II, aktivitas pembelajaran guru juga meningkat dari 77,5% pada siklus I menjadi 92,5% pada siklus II, dan peningkatan hasil belajar dari siklus I dengan nilai rata-rata 8,09 naik menjadi 8,72 pada siklus II. Respon siswa juga sangat positif terhadap pembelajaran konsep perkalian dengan menggunakan pendekatan PMR di kelas IV MIN Baruh Jaya Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Full Text:

Download PDF

References


Aisyah Nyimas, Siti Hawa, Somakim, Porwoko, Yusuf Hartono, Masrinawati AS. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Aqib Zainal. (2002). Profesionalime Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya Insan Cendekia.

Arikunto, Suharsimi. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Armanto, Dian. Majalah PMRI, Vol. IV No. 3 Oktober 2006,

Institut Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (IP-PMRI), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007). dll




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v22i1.57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313