ANALISIS SWOT PADA PRODUK SMARTPHONE APPLE DAN SAMSUNG

Muhammad Rizal, Lola Malihah

Abstract


ABSTRAK

Smartphone adalah perkembangan daripada Telepon seluler (ponsel) atau yang bisa kita sebut Handphone (HP). Smartphone adalah suatu perangkat komunikasi yang telah dibangun di dalamnya suatu sistem operasi mobile yang memiliki kemampuan lebih dalam bidang komputasi dan koneksi dibandingkan perangkat komunikasi pada umumnya. Apple dan Samsung adalah 2 brand ternama yang sangat terkenal dan mendunia, dimana kedua perusahan ini bergelut dan mendalami dalam bidang elektronik, dan di zaman teknologi sedang berkembang dengan sangat pasat. Adapun Analisis yang akan digunkan yaitu Analisis SWOT. Artikel ini akan mengkaji tentang kekuatan dan kelemahan dari masing-masing perusahan dalam bidang elektronik. karena banyaknya pengguna yang menggunakan kedua brand smartphone tersebut sehingga diharapkan dapat bermanfaat untuk semua kalangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Apple memiliki keunggulan dibanding merek Samsung karena citra yang sudah terbentuk sejak dulu dan tingginya margin keuntungan. selain itu, kelamahan Samsung paling dominan berasal dari faktor internal misalnya loyalitas yang rendah dan budaya tekanan kerja di korporasi. Tetapi Samsung masih memiliki kesempatan untuk lebih unggul daripada Apple karena permintaan global yang cukup tinggi, selalu update, serta produk-produk yang ditawarkan lebih beragam tidak hanya untuk berkomunikasi tetapi juga untuk produk rumah tangga. Oleh karena itu, Apple memiliki ancaman yang lebih besar dari segi pasar karena jarang mengeluarkan inovasi.

Kata kunci: Apple, Samsung, dan telepon pintar

 


Full Text:

Untitled

References


DAFTAR RUJUKAN

Cipta, H., & Hatamar, H. (2020). Analisis SWOT integrasi industri halal dan perbankan syariah di Indonesia.

Dewi, K., Rusfiana, Yudi., Subagyo, Agus., Nuradhawati, R., (2021). Teknik Analisa. Bandung: Alfabeta.

Fahyuni, E. F. (2017). Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (Prinsip dan Aplikasi Dalam Studi Pemikiran Islam. UMSIDA Press.

Malihah, L. (2022). Analisis Kualitas Produk Scooter Matic Ditinjau dari Sisi Konsumen Muslimah. J-EBIS Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7(1), 87–106. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/j-ebis.v7i1.3998

Malihah, L., Anwar, M. K., Meilania, G. T., & Amalia, R. (2023). Pengaruh Brand Image dan Halal Branding Terhadap Minat Pembelian Produk Kosmetik (Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura). Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan, 7(1), 10-16.

Malihah, L., Ma’mun, M. Y., Al Mubarak, M. A. R., & Amalia, R. (2021). Analisis SWOT terhadap motivasi penggunaan transaksi non tunai (E money) oleh pelaku UMKM (studi pada pelaku UMKM di sekitar lingkungan Kampus IAI Darussalam Martapura). Musyarakah, 1(2), 89–99.

Nasihin, A. M. (2014). Smartphone Sebagai Media Komunikasi dan Gaya Hidup: Studi Pada Masyarakat Kelurahan Sidosermo Kota Surabaya. 2014.

Nazir, M., & Sikmumbang, R. (2013). Metode Penelitian (R. Sikumbang. Ghalia Indonesia.

Purnamasari, S., Purboyo, P., Mulyani, M., Lina Aryani, L., Fitriana, F., Rizka Zulfikar, R., ... & Nafiah Ariyani, N. (2022). Perencanaan Pemasaran (Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian.

Rusanti, N; Malihah, L; Karimah, H. (2022). Analisis SWOT Penerapan Aplikasi Sistem Manajemen Informasi Baznas (SiMBA) pada Pengelolaan Dana Zakat Infaq dan Sedekah Baznas Kabupaten Banjar. Seminar Nasional Riset Ekonomi dan Bisnis, 179–192.

Samsung Electronics Half-year Business Report 2020 Half-year Business Report. (t.t.).

Soerjandari, E. (t.t.). Modul Guru Pembelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). (Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Ed.).

Sugiyono, S. (2016). Penenlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarto, S. (2008). Teknologi Informasi Dan Komunikasi SMP/MTs Kelas VII. Grasindo.

Wikipedia. (t.t.-a). Apple Inc. Diambil 6 April 2023, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Apple_Inc.#Pra-pendirian

Wikipedia. (t.t.-b). Iphone. Diambil 6 April 2023, dari https://id.wikipedia.org/wiki/IPhone

Wikipedia. (t.t.-c). Samsung. Diambil 6 April 2023, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Samsung

Wiswasta, I. G. N. A., Agung, I. G. A. A., & Tamba, I. M. (2018). Analisis SWOT (Kajian Perencanaan Modela, Strategi, dan Pengembangan Usaha). I Ketut Sumatra, Ed.; I). Universitas Mahasaraswati Press .

Yannuansa, N., Kurniadi, H., Mutrofin, A., Ramadhani, R., & Samudra, A. (2020). Pengurangan Pengaruh Negatif Gadget pada Remaja dan Anak melalui Workshop. ABIDUMASY Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 49-53.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/ekobis.v3i01.390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Index By

  

Alamat :

Kantor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura

Jl. Perwira Tanjung Rema, Sungai Sipai, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan 70613