PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO DALAM ORGANISASI PERBANKAN SYARIAH

Muhammad Soleh, Akhmad Fauzan, Rusdiana Rusdiana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen risiko dalam organisasi perbankan Syariah, Metode  penelitian yang digunakan adalah studi literatur, Metode studi literatur adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelolah bahan penelitian. Hasil penelitian Ini menunjukkan bahwa Perbankan menjadi salah satu lembaga keuangan di Indonesia dituntut oleh pemilik dan pemegang sahamnya untuk mempunyai kinerja yang baik agar dapat meningkatkan nilai perusahaan secara berkesinambungan, maka dari itu betapa pentingnya penerapan manajemen risiko dalam organisasi perbankan syariah, Perbankan Syariah sebagai organisasi yang mempunyai nilai-nilai syariah di dalamnya sangat tepat untuk mencapai tujuan pembangunan nasional. Pembangunan nasional tersebut harus berdasarkan nilai-nilai ketuhanan karena dalam menjalankan aktivitasnya mempunyai tanggung jawab kepada Allah sebagai pencipta nilai-nilai syari’ah tersebut

Kata Kunci : Penerapan, Manajemen Risiko, Perbankan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, I. (2015). Ini loh Bank Syariah memahami bank syariah dengan mudah. Jakarta: PT. gramedia pustaka utama.

Budhi, S. wilardjo. (2005). Pengertian, peranan dan Perkembangan bank syari’ah di indonesia. 2(1), 1–10.

Drs. Zainul, arifin, M. (2009). Dasar dasar manajemen bank syariah. Azkia Publisher.

Herman, D. (2016). Manajemen Risiko (Suryani (ed.); 2nd ed.). PT. Bumi Aksara.

Hilyanti; Murliana, Mera; Malihah, L. (2022). Peran Kepemimpinan Dalam Organisasi. Surplus : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 44–55.

Indonesia(IBI), I. B., & Banker Association of risk management (BARa). (2015). Manajemen Risiko 1. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kartika Sari, L. (2018). Penerapan Manajemen Risiko Pada Perbankan Di Indonesia. Jurnal Akuntansi Unesa, 1(1), 1–21.

Lokobal, A., Sumajouw, M. D. J., & Sompie, B. F. (2014). Manajemen Risiko Pada Perusahaan Jasa Pelaksana Konstruksi di Propinsi Papua (Study Kasus di Kabupaten Sarmi). Jurnal Ilmiah Media Engineering, 4(2), 109–118.

Malihah, Lola; Ma’mun, Muhammad, Yulian; Mahfuzah, Annisa; Karimah, Husna; Meilania, Gusti Tasya; Murliana, M. (2022). Forecasting Analysis Of ZIS Collection In Banjar Regency Using Double Exponential Smoothing Method. J-EBIS Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(2), 357–370.

Malihah, L. (2020). Kebijakan Affirmative Action Pada Seleksi Calon Pegawai negeri Sipil Tahun 2018 Di Kabupaten Banjar. Darussalam, 19(2).

Risnaeni, U., Rois, M., & Ramdhani, S. (2019). Efektivitas Manajemen Risiko Dan Hasil Suswati Risnaeni. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 1(2), 6.

Wedana Yasa, I. W., Sila Dharma, I. G. B., & Ketut Sudipta, I. G. (2013). Manajemen Risiko Operasional Dan Pemeliharaan Tempat Pembuangan Akhir (Tpa) Regional Bangli Di Kabupaten Bangli. Jurnal Spektran, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.24843/spektran.2013.v01.i02.p05




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/ekobis.v3i01.391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Index By

  

Alamat :

Kantor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura

Jl. Perwira Tanjung Rema, Sungai Sipai, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan 70613