BRAND IMAGE DAN PRODUCT QUALITY PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELI (AMDK) MEREK SEKUMPUL

Iin Muyasarah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan product quality terhadap minat beli Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Sekumpul. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan dua variabel bebas brand image dan product quality dan variabel terikat penelitian ini adalah minat beli. Metode penelitian menggunakan teknik kuantitatif dengan pengambil sampel mengginakan rumus solvin, sampling acak sederhana digunakan untuk mengumpulkan sampel. Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Islam Darussalam Martapura memberikan 70 tanggapan. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi 0,383 > 0,05, menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik brand image dengan minat beli. Variabel product quality berpengaruh terhadap variabel minat beli dengan nilai signifikansi 0,001<0,05. Uji simultan mendapatkan nilai signifikansi 0,001<0,05 brand image dan product quality secara simultan terhadap minat beli Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merek Sekumpul. Variabel brand image dan product quality berpengaruh terhadap variabel minat beli sebesar 28,3%, sedangkan sisanya 71,7% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata kunci: brand image, product quality, minat beli, Sekumpul


Full Text:

Untitled

References


Kalimantan, 2022. Ini Dia Produk Air Minum Asli Kalimantan!. [Online]

Available at: https://www.kalimantana.com/2021/06/air-minum-asli-kalimantan.html

Kotler, P. & Keller, K. L., 2012. Marketing Management 14th. England: Prentice Hall.

MediaIndonesia, 2022. Wow, Ada 7.780 Produk Air Minum dalam Kemasan di Indonesia. [Online]

Available at: https://m.mediaindonesia.com/humaniora/329456/wow-ada-7780-produk-air-minum-dalam-kemasan-di-indonesia

Negarawan, G.I. (2018) ‘Pengaruh P Brand Image Terhadap Minat Membeliyang Di Moderasi Oleh Tipe Kepribadian Ekstrovert’, Psikovidya, 22(1), pp. 60–66.

Rita, 2022. Brand Image. [Online]

Available at: https://bbs.binus.ac.id/gbm/2018/03/27/brand-image/

Sari, S.P. (2020) ‘Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen’, Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), p. 147. Available at: https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870.

Sehatq, 2022. Mengonsumsi Air Minum Dalam Kemasan Perlu Menginggat Hal-hal ini, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. [Online]

Available at: https://www.sehatq.com/artikel/mengonsumsi-air-minum-dalam-kemasan-perlu-mengingat-hal-hal-ini

Sudjino, A., 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Tamimi, P.S. and Nugraha, H.S. (2015) ‘1 , 2 & 3’.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/ekobis.v4i01.394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Index By

  

Alamat :

Kantor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura

Jl. Perwira Tanjung Rema, Sungai Sipai, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan 70613