PENGARUH ISLAMIC BRANDING, ENDORSEMENT DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM WARDAHBEAUTY
Abstract
Penggunaan kosmetik di Indonesia berkembang pesat. Salah satu merek kosmetik yang beredar di Indonesia adalah Wardah. Rumusan masalah yang peneliti ambil adalah : bagaimana pengaruh Islamic branding, Islamic endorsement dan kualitas produk secara bersamaan terhadap minat beli pengguna media sosial Instagram yang mengikuti Instagram Wardahbeauty, bagaimana pengaruh Islamic branding terhadap minat beli pengguna media sosial Instagram Wardahbeauty, bagaimana pengaruh Islamic endorsement terhadap minat beli pengguna media sosial Instagram Wardahbeauty, dan bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap minat beli pengguna media sosial Instagram Wardahbeauty. Metode penelitian berupa metode Kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dan desain pengukuran menggunakan skala Likert. teknik analisis data menggunakan uji: Validitas, Reabilitas, Asumsi Klasik, Regresi Linier Berganda, dan Hipotesis. Hasil penelitian menjukkan bahwa secara secara simultan variabel Islamic Branding, Islamic Endorsement dan kualitas produk mempengaruhi variabel minat beli secara signifikan, yang artinya 74,2% mempengaruhi minat beli followers Instagram Wardahbeauty dan sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel di luar penelitian ini. Secara parsial ketiga variabel tersebut mempengaruhi variabel minat beli secara signifikan, apabila terjadi kenaikan nilai pada variabel-variabel tersebut sebanyak satu satuan, maka minat beli pada followers Instagram Wardahbeauty akan meningkat 29% pada variabel Islamic Branding, 14,4% pada variabel Islamic Endorsement, dan 53,6% pada variabel kualitas produk.
Kata Kunci : Islamic Branding, Islamic Endorsement, Kualitas Produk, Minat Beli
Full Text:
UntitledReferences
Adawiyah, Sa’diyah El, Tria Patrianti. (2021). “Islamic Branding Dalam Ekonomi Syariah”, Jurnal Al-Tsarwah, Vol. 4, No. 1, Juni.
Adityasari, Novy. (2015). “Endorsement Sebagai Trend Media Pemasaran Dalam Perspektif Islam.” Skripsi tidak diterbitkan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Airlangga, Surabaya,
Afrianty, Nonie dan Detri Agustina. (2020). “Pengaruh Islamic Branding dan Product Ingredients terhadap Minat Beli Produk PT HNI HPAI Kota Bengkulu”, Journal of Islamic Economics and Finance Studies (JIEFeS), Vol. 1, No. 2, Desember
Al, Arif Wasim. 2016. “Label Halal dan Hukum Asal Pangan”, Syariati: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hukum, Vol. 02, No. 2, November
Anggraini, Winda. (2022). “Pengaruh Life Style Dan Islamic Branding Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Fashion Busana Muslim Gamis Di Bandar Lampung Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” Tesis tidak diterbitkan, Program Pascasarjana Ekonomi, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung
Anisa, Yulina, (2021). “Pengaruh Price, Online Customer Review, Dan Islamic Branding Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Menurut Perspektif Bisnis Islam.” Skripsi tidak diterbitkan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung
Arifin, Mahmudi Bin Syamsul. (2018). “Endorsement Dalam Perspektif Islam.” Tesis tidak diterbitkan, Program Program Pascasarjana Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya
Bambang, D. Prasetyo dan Nufian S.Febriani. (2020). Strategi Branding Teori Dan Perspektif Komunikasi Dalam Bisnis. Malang : UB Press
Dyah Nirmala Arum Janie. (2012) . Statistik Deskriptif dan Regresi Linear Berganda dengan SPSS, Semarang : Semarang University Press,
Fatimah, Neneng; Sri Kasnelly; dan Abd. Hamid. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Liberika Dalam Perspektif Islam Pada Gerai Umkm Mekar Jaya, Al-Mizan : Jurnal Ekonomi Syariah, Vol. 3, Desember
Larasati, Dewi. 2018. “Pengaruh Penerapan Segmentasi Pasar Berdasarkan Geografis, Demografis, Psikografis, Dan Perilaku Dalam Perspektif Ekonomi Islam Tehadap Minat Nasabah Melalui Produk Tabungan Emas (Studi Di Pegadaian Syariah Kcp Raden Intan).” Skripsi tidak diterbitkan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung
Muangsa. 2019. ”Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian”, Atrabis: Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 5, No. 2, Desember
Mundir. 2013. Metodologi penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Jamber : STAIN Jember Press
Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, dan Budiantara. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian, Yogyakarta : Sibuku Media
Rif’adah, Yuliar. 2019. “Pengaruh Islamic Endorsement Dan Islamic Branding Terhadap Minat Beli Di Media Sosial Instagram Safi Indonesi”, Skripsi tidak diterbitkan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya, Sari, Saidah Putri, Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen, Psikoborneo, Vol 8, No 1, 2020.
Syahrum, dan Salim. 2020. Metodologi penelitian Kuantitatif. Bandung : Citapustaka Media
Yaumil. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Konsumen Carrefour Panakkukang Makassar).” Skripsi tidak diterbitkan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Muhammadiyah, Makassar
Zakiyah. “Fenomena Endorsement Terhadap Penjualan Suatu Produk Ditinjau dari Etika Bisnis Islam”, AL-IQTISHADIYAH Jurnal Ekonomi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah, Vol. 7, No.2, Desember 202
DOI: http://dx.doi.org/10.58791/ekobis.v2i01.399
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index By
Alamat :
Kantor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura
Jl. Perwira Tanjung Rema, Sungai Sipai, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan 70613