PERAN HOME INDUSTRI KUE BAWANG HJ. JUWAIKHAIRIYAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA PASAYANGAN KECAMATAN MARTAPURA

Nur Mahdiati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya home industri yang merupakan wadah bagi sebagian besar masyarakat yang mampu tumbuh dan berkembang secara mandiri dengan memberikan andil besar serta menduduki peran dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat salah satunya di desa Pasayangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran home industri kue bawang Hj. Juwaikhairiyah dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap peranan home industri tersebut dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa Pasayangan kecamatan Martapura kota perspektif ekonomi Islam.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah kualitatif. Karena mengandalkan hasil wawancara pada pemilik home industri kue bawang Hj. Juwaikhairiyah. Subjek dalam penelitian ini yaitu Ibu Hj. Juwaikhairiyah selaku pemilik home industri kue bawang. Data yang digunakan yaitu primer dan sekunder, dengan teknik penyajian dan analisis data.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa peran home industri ini adalah membantu perekonomian keluarga, mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Berdasarkan tinjauan ekonomi Islam, bahwa home industri kue bawang Ibu Hj. Juwaikhairiyah sejalan dengan syariat Islam

Kata Kunci : Home Industri, Hj. Juwaihkairiyah, Kesejahteraan


Full Text:

Untitled

References


Husein Syahatah, Ekonomi Rumah Tangga Muslim, Jakarta: Gema Insani Press, Cet. Ke-1, 1998.

Muhammad Sauqi, Fiqih Muamalah, Jawa Tengah: Pena Persada, 2019.

Oni Sahroni dan Adiwarman A. Karim, Maqashid Bisnis dan Keuanan Islam Sintesis Fikih dan Ekonomi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015.

Peter Salim dan Yenny Salim, Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Jakarta: Modern English Press, Cet. Ke-1, 2002.

Ronald Lapcham, Pengusaha Kecil Dan Menengah Di Asia Tenggara, Jakarta: LP3ES anggota IKAPI, Cet. Ke-1, 1991.

Sayyid Sabiq, Fikih Sunnah 12, terj. Kamaluddin A. Marzuki dkk, Bandung: Alma’arif, 1993.

Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Rajawali Pers, 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/ekobis.v2i01.400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Index By

  

Alamat :

Kantor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura

Jl. Perwira Tanjung Rema, Sungai Sipai, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan 70613