PENGARUH PENGGUNAAN FASILITAS MOBILE BANKING DAN AUTOMATIC TELLER MACHINE (ATM) TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM BERTRANSAKSI DI BANK SYARIAH

Mariatul Jannah

Abstract


Di zaman globalisasi saat ini, yang ditandai dengan kemajuan perekonomian global yang dapat medorong pertumbuhan bisnis pada sektor jasa. Perbankan Syariah menyediakan fasilitas Mobile Banking dan ATM guna mencapai kepuasan nasabah. Dengan memperbaiki pelayanan tentang digitalis dan fasilitas perbankan agar kepuasan nasabah dapat meningkat secara maksimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif dan termasuk penelitian hubungan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah pengguna Mobile Banking dan ATM Bank Syariah di Kecamatan Banjarbaru Utara yang jumlahnya tidak diketahui dengan menggunakan rumus Resceo untuk menentukan sampel. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling purposive dengan 40 responden sebagai sampel penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.

Kata Kunci : ATM, Bank Syariah, Mobile Banking

Full Text:

Untitled

References


Doni Juni Priansa. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta,

Freddy Rangkuti. 2013. Costumer Service Satisfaction dan Call Center Berdasarkan ISO 9001. Jakarta: PT Gramedia Building

Gusti Bagus Rai Utama. 2016. Teknik Sampling. Bali: Universitas Dhyana Pura Bali

Heri Sudarsono. 2003. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah Deskripsi dan Ilustri. Yogyakarta: CV Adipura

Kartu ATM dan kartu debit BRIS https://www.nontunai.com/kartu-atm-dankartu-debitbris/. Diakses tanggal 23 Agustus 2020 pukul 23.00 WITA.

Mobile Banking, https://www.brisyariah.co.id/detailproduk.php?&f=9.Diakses tanggal 23 Agustus 2020 pukul 22:53 WITA.

Muhammad Arafat Yusmad. 2018. Aspek Hukum Perbankan Syariah dari Teori ke Praktik.Yogyakarta: Pustaka Setia

Pasal 1 angka ‘12’ UU No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah

Pasal 1 angka ‘6’ UU No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah

Philip Kotler, dan Gray Armstrong. 2019. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama

Syamsul Rizal dan Muhammad Wali. 2018. Perbankan Komputer Teori dan Praktikum. Yogyakarta: CV Budi Utama

Soekma Adie Dharmawan. 2018. “Pengaruh digitalis Perbankan Melalui self-service Technologiy terhadap Perilaku Nasabah Prioritas”. Jurnal Business dan Fintech sebagai daya dorong pertumbuhan ekonomi local, 11 Desember 2018.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV,

Wiratna Sujarweni. 2018. Metedologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: PT Pustaka Baru Press




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/ekobis.v2i01.403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Index By

  

Alamat :

Kantor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura

Jl. Perwira Tanjung Rema, Sungai Sipai, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan 70613