PERAN ENDORSMENT FADIL JAIDI DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

Husna Karimah, Noor Atkia, Nida Nor Apifah

Abstract


Abstrak

Dalam dunia bisnis, promosi dan pemasaran menjadi hal yang sangat penting dalam meningkatkan penjualan produk atau jasa. Salah satu bentuk promosi yang saat ini sedang populer adalah endorsement atau promosi yang menggunakan selebritas atau influencer untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk tertentu. Endorsement ini dianggap efektif karena dapat menarik perhatian konsumen dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang diiklankan. Endorsment selebgram adalah salah satu alat yang digunakan untuk mempromosikan produk, selebgram ialah influencer yang eksis dimedia sosial yaitu Instagram yang menjadi idola dengan follower jutaan. Salah satu selebgram yang berpengaruh dalam mengiklankan produk dengan cara khas nya dalam membuat konten di Instagram adalah Fadil jaidi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi endorsment Fadil Jaidi terhadap keputusan pembelian produk. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Data diperoleh dari studi pustaka seperti buku, artikel, dan tulisan ilmiah yang telah dipublikasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa endorsement Fadil Jaidi memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Semakin sering konsumen melihat atau mendengar endorsement Fadil Jaidi, semakin tinggi kecenderungan mereka untuk membeli produk yang diiklankan. Artikel ini diharapkan dapat membantu para pebisnis jika  ingin membuat strategi untuk memasarkan produknya dengan jasa endorser selebgram, yang dapat mempengaruhi minat beli konsumen yang akan meningkatkan penjualan produknya.

Kata Kunci: Endorsment, influencer, Fadil Jaidi.


Full Text:

Untitled

References


DAFTAR PUSTAKA

Arianty, N. (2014). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Sepeda Motor Yamaha Mio Pada PT. Alfa Scorpii Sentral Yamaha. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 14(1).

Aswati, H. H. (2022). Personal Branding Fadil Jaidi di Media Sosial Instagram@ Trafficbun. id. Lensa, 16(1), 49-59.

Creswell, J. W. (2014). A concise introduction to mixed methods research. SAGE publications.

Fadil Jaidi - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas..

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi pemasaran. Pasuruan: Qiara Media, 3.

https://www.instagram.com/fadiljaidi/

https://www.tiktok.com/@fadiljaidi

Khasanah, W. (2021). Kewajiban menuntut ilmu dalam Islam. Jurnal riset agama, 1(2), 296-307.

Kurniati, S. S., Valdiani, D., & Rusfien, I. T. (2022). Analisis Personal Branding Fadil Jaidi Di Media Sosial (Studi Kasus Konten Instagram, Tik Tok, Dan Youtube). Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 6(2), 112-121.

Lestari, T. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk TAMARA (Tabungan Mandiri Sejahtera) Di BMT El-Labana Semarang.

Maulana, Rangga., Priyadi, Catur., dan Ridwan, Widyarini. Komunikasi Pemasaran T&T Store Pada Fitur-Fitur Shopee Dalam Meningkatan Penjualan”1, No. 2 (2022).

Olivia, S. (2021). Pengaruh promosi (endorse) selebgram terhadap minat beli konsumen di era digital.

Panuju, R. (2019). Komunikasi pemasaran: pemasaran sebagai gejala komunikasi komunikasi sebagai strategi pemasaran. Prenada Media.

Purbandrini, L. (2018). Pengaruh Kredibilitas Selebriti Endorser Terhadap Ekuitas Merek Pada Produk Kosmetik “Wardah” (Doctoral dissertation, UAJY).

Purnama, I. (2020). Pengaruh promosi online dan endorsmen selebgram terhadap minat beli konsumen. Youth & Islamic Economic Journal, 1(02), 14-20.

Rahmah, N. (2015). Pengaruh Kredibilitas Endorser Iklan Sensodyne Pada Sikap Konsumen (Terhadap Iklan dan Produk) dan Minat Beli Konsumen (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang). Ekonomi Bisnis, 20(1), 33-43.

Rahyadi, I., Raissa, E. D., Adira, M. M., Tersiana, N. L., & Sativa, R. A. O. (2022, December). Fadil Jaidi's Personal Branding on Instagram Social Media. In 3rd Borobudur International Symposium on Humanities and Social Science 2021 (BIS-HSS 2021) (pp. 349-356). Atlantis Press.

Retno, S. (2021). Pengaruh Selebgram Endorsment Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Melalui Media Sosial Instagram Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Followers Instagram@ nunirizkypermata) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Rifiani, P., Dharta, F. Y., & Oxcygentri, O. (2022). Pengaruh Endorse Influencer Fadil Jaidi Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 289-301.

Rowley, J. (1998). Promotion and marketing communications in the information marketplace. Library review, 47(8), 383-387.

Wardhono, W., Hasan, A., & Prasetya, I. (2015). Jenis Promosi Penjualan Manakah yang Paling Mempengaruhi Sikap Konsumen dalam Melakukan Pembelian Barang?. Research Report-Humanities and Social Science, 2.

Wulansari, A. (2013). Analisis Hubungan Promosi Penjualan dengan Pencapaian Penjualan (Studi Kasus pada PT. Cahya Yamaha Kediri) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Zahra, N., & Sanaji, S. (2021). Peran moderasi motivasi hedonis pada pengaruh promosi penjualan terhadap niat penggunaan ulang layanan dompet elektronik di kalangan milenial. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 57.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/ekobis.v3i01.413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Index By

  

Alamat :

Kantor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura

Jl. Perwira Tanjung Rema, Sungai Sipai, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan 70613