ANALISIS FAKTOR INTERNAL PADA TIKTOK SHOP
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Tiktok, Perilaku pengguna Tiktok, kekuatan dan kelemahan TikTok shop. Tiktok adalah aplikasi media seluler yang memiliki tujuan utama “untuk video seluler format pendek”. Tiktok menyediakan fitur agar penggunanya dapat mengedit filter, efek, teks dan music. Sehingga Tiktok ini menjadikannya para penggunanya lebih betah dan lebih diminati. Karena Tiktok mencari peluang bisnis sehingga rilislah fitur terbarunya yang bernama TikTok Shop. Tiktok Shop adalah aplikasi e-commerce populer yang memungkinkan kita untuk menjual dan membeli produk melalui chatbot yang dipersonalisasi. Aplikasi ini baru-baru saja digunakan oleh sejumlah pembisnis yang ingin mengembangkan usaha mereka untuk meningkatkan penjualan. Data yang digunakan berupa data sekunder dari bahan pustaka seperti buku dan artikel yang diterbit di jurnal ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi TikTok memiliki beberapa kelebihan seperti kemudahan dalam penggunaan dan adanya sarana promosi serta hiburan. Sedangkan kelemahannya adalah belum tersistem dengan baik dari segi pembayaran, pengiriman, jaminan dan belum adanya testimoni.
Kata kunci: Tiktok, Online Shop
Full Text:
UntitledReferences
DAFTAR PUSTAKA
Alyasinta,Viela Tusanputri, Amron. 2021. Pengaruh Iklan dan Program Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform e-commerce TikTok shop. Forum Ekonomi. 23 (4), 632-639.
Arya, Sun Mukti; Pratama, Ifan Alif; Iqbal, Ikhsan; Siddik, Rasyid; Wahid, R. (2022). Strategi viral di TikTok : Panduan Pemasaran melalui media sosial untuk bisnis. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 13(1), 58–66.
Hardianawati, Hardianawati. 2022. "Strategi Marketing Melalui Celebrity Endorsement Dan Influencer Marketing." Jurnal Multidisiplin Madani 2.2, 865-876.
Hajriah ; Suryani, Anti; Sari, Linda; Rahmah, D. D. N. (2021). Gambaran Strategi Coping Mahasiswa Pengguna Aplikasi TikTok yang menjalani Social Distancing Wabah Covid-19. PSIKOBORNEO : Jurnal Ilmiah Psikologi UNMUL, 9(3), 685–691. https://doi.org/10.30872/psikoborneo
Haryati, Cindy Sri; Sudrajat, R. H. (2022). Pemanfaatan TikTok sebagai Platform Digital Marketing dalam upaya peningkatan Brand Awareness Butik Aishable. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(3), 415–426.
Hidayanti, Nurul; Hidayah, Silfa Futuchatul; Al Hakim, Iqbal; Khairunnisa, F. (2022). Pengaruh TikTok Shop sebagai media online shopping terhadap perilaku konsumtif remaja. MOZAIK KOMUNIKASI, 3(2), 36–43.
Hu, Y. ; Y. (2021). Business Model Inovation and Experimentation in Transforming Economies: ByteDance and TikTok. Cambridge University Press.
Kotler, Philip; Amstrong, G. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.
Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Sari, C. A. (2015). Perilaku Berbelanja Online di Kalangan mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga. AntroUnairdotNet, IV(2), 205–216.
Satyo, Maya Ferdina, & Heru Suprihhadi. 2013. "Pengaruh diskon harga, merek produk dan layanan pelanggan terhadap keputusan pembelian garmen." Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol 2.8.
Smith, C. ; (2017). Digital Marketing Exellence : Planning, optimizing and integrating online marketing. Taylor & Francais.
Sugiyono, S. (2016). Penenlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sutriyanti, P. P. S. (2021). Persepsi masyarakat terhadap aplikasi TikTok sebagai media menurunkan tingkat stres di era pandemi covid-19. WIDYA DUTA : Jurnal Ilmiah Ilmu Agama Dan Ilmu Sosial Budaya, 16(1), 67–73.
Yoshua Glennardo. 2016. "Viral marketing sebagai media pemasaran sosial dalam mendongkrak kesadaran masyarakat untuk berperan aktif dan bergabung dengan organisasi non profit/niarlaba." Competence: Journal of Management Studies 10.2.
DOI: http://dx.doi.org/10.58791/ekobis.v3i01.416
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index By
Alamat :
Kantor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura
Jl. Perwira Tanjung Rema, Sungai Sipai, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan 70613