PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NISBAH BAGI HASIL TABUNGAN TERHADAP MINAT NASABAH MENABUNG PADA BMT KHAIRUL AMIN KANTOR PUSAT KERATON

Mohamad Hariyanto, A. Damoiko, M. Fahmi Al Amruzi, Rusdiana Rusdiana

Abstract


Abstrak

BMT Khairul Amin adalah lembaga Keuangan yang melakukan kegiatan untuk tujuan social dan niaga dalam rangka mensejahterakan umat yang dilakukan baik dengan menghimpun dana dari umat/masyarakat dan melakukan penyaluran/pembiayaan. Populasi penelitian ini adalah 1.398 nasabah pada BMT Khairul Amin Kantor Pusat Keraton. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purpossive sampling sebanyak 93 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 13 item pertanyaan yang dinilai dengan skala Likert 1-5. Pada (H1) Variabel Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat nasabah menabung di BMT Khairul Amin Kantor Pusat Keraton. Dengan nilai signifikansi kualitas pelayanan (X1) 0,001 < 0,1. Dan nilai t tabel 1,661 berarti nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,369 >1,661).  Maka H0 1 Ditolak dan H1 diterima. Pada (H2) Variabel nisbah bagi hasil (X2) berpengaruh secara poitif dan signifikan terhadap minat nasabah menabung di BMT Khairul Amin Kantor Pusat Keraton. Dengan nilai signifikansi nisbah bagi hasil (X2) 0,002 < 0,1. Dan nilai t tabel 1,661 berarti niai t hitung lebih besar dari t tabel (3,230 > 1,661). Maka H0 1 Ditolak dan H1 diterima.

Kata Kunci: Pengaruh, Kualitas Pelayanan, Nisbah Bagi Hasil, Minat Nasabah


Full Text:

Untitled

References


DAFTAR PUSTAKA

Antonio , Muhammad Syafi’i. 2001. Bank Syariah dari Teori ke Praktik , Jakarta: Gema Insani, 2001.

Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Dasar-dasar Perbankan, Jakarta: Bumi Aksara.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan dan Implementasi Kontrol, Jakarta: Salemba Empat.

Kuncoro, Mudjarat. 2011. Metode kuantitatif: Teori dan Aplikasi untuk bisnis dan ekonomi, Yogyakarta: STIM YKPN.

Lararenjana, Adelwai. 2021. purposive sampling Merdeka.com https://www.merdeka.com/jatim/purposive-sampling-adalah-teknik-pengambilan-sampel-dengan-ciri-khusus-wajib-tahu-kln.html?page=2 Diakses pada 25 Mei 2021

Muhamad. 2019. Sistem Keuangan Islam: Prinsip dan operasionalnya di Indonesia. Cet.I; Yogyakarta: RajaGrafindo Persada.

Muhammad. 2000. Lembaga Keuangan Umat Kontemporer, Yogyakarta: UII Pers.

Mukhtadi, Mohammad Rizki. 2018. “Strategi pengambilan keputusan dalam pemecahan masalah, studi kasus pada bank xyz cabang tajur halang cianjur jawa barat”, Vol. 3 No. 1, Januari- Juni.

Nurfitria, Erika. 2018. Ekonomica Sharia Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Ekonomi Syariah, Vol.1, No.1 Edisi Agustus.

Ridwan, Muhammad. 2004. Manajemen Baitul Maal wat Tamwil, Yogyakarta: UII Press.

Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D, Bandung: Alfabet

Wiyono, Slamet. 2005. Cara Mudah Memahami Akuntansi Perbankan Syariah Berdasarkan PSAK dan PAPSI, Jakarta: Grasindo.

Yogiarto, Permana. 2015. “Pengaruh Bagi Hasil, Promosi, & Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah” Laporan Hasil Penelitian Pusat Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/ekobis.v3i02.418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Index By

  

Alamat :

Kantor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura

Jl. Perwira Tanjung Rema, Sungai Sipai, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan 70613