ANALISIS FAKTOR INTERNAL E-COMMERCE DI INDONESIA STUDI PADA LAZADA DAN SHOPEE

Rahmi Rahmi, Suci Norsaleha

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis e-commerce yang sedang berkembang di Indonesia khususnya pada situs belanja online yaitu Lazada dan Shopee. Analisis ini meliputi kelebihan dan kekurangan dari Lazada dan Shopee serta analisis SWOT dalam situs tersebut. Hasil analisis ini menunjukan bahwa Lazada dan Shopee memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing. Dari hasil analisis tersebut menunjukan bahwa Lazada memiliki kekuatan dibidang pelayanan maupun jaminan keamanan transaksi. Namun juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya mengenai sistem keamanan, dengan masih banyaknya konsumen yang mengalami penipuan. Sedangkan kekuatan yang dimiliki Shopee yaitu mudahnya cara belanja di Shopee bagi pemula, serta fitur Shopee dilengkapi chat langsung dengan penjual atau seller, dan Shopee memiliki kelebihan bisa menawar harga barang yang akan dibeli. Adapun kekurangannya Shopee tergolong marketplace baru dibandingkan e-commerce lain yang sudah ada lebih dulu, Shopee juga masih kalah pengalaman dengan marketplace lain yang sudah ada terlebih dahulu. Setiap marketplace yang terbaik dan terpecaya di Indonesia pasti tidak ada yang sempurna. Masing-masing e-commerce punya keunggulan dibandingkan dengan pesaingnya.

Kata kunci: E-commerce, Lazada dan Shopee


Full Text:

Untitled

References


DAFTAR PUSTAKA

Ardiningrum, N. A. (2019). Analisis Kualitas Layanan Website Lazada Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode WebQual 1. INTEGER: Journal of Information Technology, 4(1). www.lazada.co.id

Constantinides, E. (2010). Influencing the online Consumer’s Behavior: The Web Experience. Internet Research, 14(2), 111–126.

Daryanto. (2015). Manajemen Pemasaran. PT. Saran Tutorial Nurani Sejahtera.

Gunawan, H. Z., & Ratnasari, A. (2022). Bandung Conference Series: Communication Management Hubungan Seventeen sebagai Brand Ambassador Lazada dengan Keputusan Pembelian Followers. Bandung Conference Series: Communication Management, 2(2), 376–380. https://doi.org/10.29313/bcscm.v2i2.2817

Kangean, S., & Rusdi, F. (2020). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee dalam Persaingan E-Commerce di Indonesia. Prologia, 4(2), 280–287.

Laeli Nur Azizah. (2022). Pendiri Shopee dan kisah perjalanan karirnya. https://www.gramedia.com/pendiri-shopee-dan-kisah-perjalanan-karirnya.

Malihah, L., Yulian Ma’mun, M., Adi Riswan Al Mubarak, M., & Amalia, R. (2021). Analisis SWOT Terhadap Motivasi Penggunaan Transaksi Non Tunai (E-Money Syariah) oleh Pelaku UMKM (Studi Pada Pelaku UMKM di Sekitar Lingkungan Kampus IAI Darussalam Martapura). MUSYARAKAH: Journal of Sharia Economics (MJSE), 1(2), 89–99. http://journal.umpo.ac.id/index.php/musyarakah.

Marketeers. (2018). Trik Ampuh Garap Pasar Milennilas 2018. http://marketeers.com/menggarap-pasar-milennilas-di-artpreneur-talk-2018.

Onno, W. P., & Anang, A. W. (2020). Mengenal E-Commerce. Alex Media Computendo.

Periamsyah, Subhan, & Syahab, A. (2018). Analisis Sistem E-Commerce Pada Perusahaan Marketplace Mobile Shopee Indonesia. Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi 2018. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30700/pss.v1i1.315

Petra, K. K. (2016). Generation Y Attitudes towards Shopping: A Comparison of the Czech Republic and Slovakia. Journal of Competitiveness, 8(1), 38–54.

Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam Jurnal Ecopreneur, 1(1), 21–34.

Putri, N. A. R., & Iriani, S. S. (2019). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Melalui E-Commerce Shopee. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2391

Rusanti, N., Malihah, L., & Karimah, H. (2022). Analisis SWOT Penerapan Aplikasi Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (SiMBA) pada Pengelolaan Dana Zakat Infaq dan Sedekah BAZNAS Kabupaten Banjar. Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis.

Sabila, A. R., & Kusumaningrum, L. (2020). Analisis Kualitas Layanan E-Commerce Shopee Dalam Meningkatkan. Jurnal Ilmiah Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT, 16(2).

Setiyo Budhi, G. (2016). ANALISIS SISTEM E-COMMERCE PADA PERUSAHAN JUAL-BELI ONLINE LAZADA INDONESIA. In Jurnal Electronics, Informatics (Vol. 1, Issue 2). www.alexa.com

Siregar, R. R. (2010, August 1). Strategi Meningkatkan Persaingan Bisnis Perusahaan dengan Penerapan E-Commerce. http://blog.trisakti.ac.id/riki/2010/03/12/strategi-meningkatkan-persaingan-bisnis-perusahaan-dengan-penerapan-e-commerce/

Sorotan Media. (2014). penggunaan Internet Indonesia Nomor Enam Dunia . www.kemenkominfo.go.id.

Tanca, J. T., & Lestari, S. B. (n.d.). Pengaruh Terpaan Iklan Shopee Di Televisi Dan Interaksi Reference Group Terhadap Minat Bertransaksi Secara Online. Interaksi Online, 6(3), 13–23. Retrieved April 14, 2023, from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/donwload/20841/19536

Tribunbisnis. (2018). Kalahkan Tokpedia dan Lazada, Shopee pimpin persaingan industri e-commerce Asia Tenggara di 2018. http://www.Tribunbisnis.com//bisnis/2019/01/07/kalahkan-tokopedia-lazada-shopee-pimpin-persaingan-industri-e-commerce-asia-tenggara-2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/ekobis.v3i02.419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Index By

  

Alamat :

Kantor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura

Jl. Perwira Tanjung Rema, Sungai Sipai, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan 70613