FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI PENJUAL MELAKUKAN TERA DAN TERA ULANG DI PASAR ASTAMBUL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak para pedagang tidak rutin melakukan tera atau tera ulang setiap tahun nya, hal ini menyebabkan kondisi timbangan pedagang di pasar Astambul tidak sesuai dengan standarisasi metrologi legal. Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil penelitian variabel pengetahuan (X1) menunjukkan nilai koefisien bernilai positif dan variabel pengetahuan diperoleh T hitung sebesar -1.878 < T tabel sebesar 2,080. Maka dapat disimpulkan bahwa H1 tidak diterima dan H0 ditolak. (2) Variabel pengawasan (X2) menunjukkan nilai koefisien bernilai positif dan variabel pengawasan diperoleh T hitung sebesar 12.794 > T tabel sebesar 2,080. Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. 3) Variabel ketelitian konsumen (X3) menunjukkan nilai koefisien bernilai positif dan variabel ketelitian konsumen diperoleh T hitung sebesar 3.425 > T tabel sebesar 2,080. Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. (4) variabel pengetahuan, pengawasan, dan ketelitian konsumen berpengaruh secara simultan terhadap motivasi penjual melakukan tera-tera ulang. Dan uji koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 96,9%. Sedangkan sisanya sebesar 3,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Kata kunci: Motivasi Penjualan, Tera, Tera Ulang
Full Text:
UntitledReferences
DAFTAR RUJUKAN
Dewi, G. (2005). Hukum Perikatan Islam Indonesia. Jakarta: Kencana.
Handayani, P. (2018). Pelaksanaan Tera dan Tera Ulang Dalam Rangka Perlindungan Terhadap Konsumen. Semarang: Skripsi Sarjana Hukum UNNES.
Indonesia, K. P. (t.thn.). Diambil kembali dari DJPKTN Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga: http://sppk.kemendag.go.id/pages/faqacces
Izudin, S. A. (2006). Zero To Hero. Jogjakarta: Pro-U Media.
Kasmir. (2012). Kewirausahaan Edisi Revisi . Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Munawwir, A. W. (1997). Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Progresif.
Mustafa, I. (2016). Fiqh Mu'amalah Kontemporer. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Muyasarah, I. (2023). Brand Image dan Product Quality Pengaruhnya Terhadap Minat Beli (AMDK) Merek Sekumpul. Jurnal EKOBIS-DA, Vol. 4 No. 1 Januari-Juni 2023.
Samsul, I. (2015). Penegakan Hukum Perlindungan Konsumen Melalui Penyelenggaraan Metrologi Legal dalam Era Otonomi Daerah. Jurnal Ilmiah Negarqa Hukum , Vol. 6 No. 2.
Syahrani, I. (2018). Modul Administrasi Transaksi XI. Yogyakarta: Deepublish.
Turmudi, M. (No 1 Maret 2017). Produksi dalam Perspektif Ekonomi Islam. Islamadina Vol. 18.
Zakaria, S. A. (2005). Panduan dan Strategi Motivasi DIri. Kuala Lumpur: Sanon Printing.
DOI: http://dx.doi.org/10.58791/ekobis.v3i02.420
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index By
Alamat :
Kantor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura
Jl. Perwira Tanjung Rema, Sungai Sipai, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan 70613