PENGARUH HARGA DAN PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM MUKENA ICAIMA_OFFICIAL MARTAPURA

Siti Aminah, Muh. Arief Budiman

Abstract


Abstrak

Keberadaan dan keanekaragaman media sosial disaat ini dimanfaatkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah untuk tujuan pengembangan bisnis. Sosial media yang banyak digunakan di kalangan masyarakat saat ini salah satunya adalah Instagram. Dalam penelitian ini ada 2 variabel yang digunakan dalam mengukur pengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk mukena oleh Icaima_Official. Variabel harga sebagai (X1) dan variabel promosi melalui media sosial Instagram sebagai (X2) kemudiaan variabel terikat (Y) adalah Keputusan Pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga (X1) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan hasil uji t dengan nilai thitung > ttabel 3,576 > 0,67703 dengan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05, dan promosi melalui media sosial Instagram (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan hajil uji t dengan nilai thitung > ftabel (2,474 > 0.67703) dengan tingkat signifikansi 0,015 < 0,05. Kemudian secara bersamaan harga (X1) dan promosi melalui media sosial Instagram (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai fhitung > ftabel (35,469 > 3,09) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel harga (X1) dan promosi melalui media sosial Instagram (X2) memiliki pengaruh sebesar 42,2% sedangkan 57,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian seperti kualitas, kelengkapan produk dan lain-lain.

Kata kunci: Harga; Instagram; Keputusan Pembelian; Promosi


Full Text:

Untitled

References


DAFTAR RUJUKAN

Candra, Vivi, dkk. Pengantar Metodologi Penelitian. (Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021).

Hendi Suhendi, Fiqh Muamalah, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014), hlm. 84

Pahlevi, Reza. Jangkauan Iklan Instagram Di Indonesia Terbesar Keempat Di Dunia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/17/jangkauan-iklan-Instagram-di-indonesia-terbesar-keempat didunia

Siregar, Syofian. Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17 (Jakarta: Rajawali Pers, 2010).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: ALFABETA, 2015), hlm.80-81

Suryani dan Hendryadi. Metode Riset Kuantitatif. (Jakarta: Kencana, 2015), hlm.220.

Umar, Husein. Research Methods in finance and banking (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2000).

Wawancara dengan Ima selaku Owner Pada UMKM Icaima_official Jum’at 1 Juli 2022, Pukul 14.45.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/ekobis.v3i02.424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Index By

  

Alamat :

Kantor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura

Jl. Perwira Tanjung Rema, Sungai Sipai, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan 70613