PENGARUH STRATEGI PEMASARAN GADAI SYARIAH TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA PT. PENGADAIAN (PERSERO) CABANG SYARIAH MARTAPURA SUNGAI PARING KABUPATEN BANJAR

RINA RINA

Abstract


Hasil penelitian menunujukkan Pegadaian merupakan salah satu alternatif pendanaan yang sangat efektif karna tidak memerlukan persyaratan yang rumit yang dapat menyulitkan nasabah dalam pemberian dana. Cukup dengan membawa barang jaminan yang bernilai ekonomis, masyarakat sudah bisa mendapatkan dana untuk kebutuhannya, baik produktif maupun konsumtif. Di samping itu proses pencairan dana yang terbilang cepat dan mudah. Sedangkan operasional pegadaian pun juga menggunakan sistem bunga yang sangat dilarang dalam syariah Islam. Maka dari itu didirikan pengadaian syariah yang memang didirikan oleh perum pengadaian agar terhindar dari rentenir dan riba.

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Gadai Syariah, Pengadaian

Full Text:

Untitled

References


Abdullah bin Abdurrahman. 2012. Tafsir Ibnu Katsir, Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i

A. W. Munawir. 1997. Kamus Al-Minawir, Surabaya: Pustaka Progressif.

Fadhillah Asy-Syaikh Muhammad, Tafsir Ayat Al-Ahkam, ttp: tp, tt,

Heri Sudarsono. 2003. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Yogyakarta: Ekonisia

Musfiqon. 2012. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia

Sondang P. Siagaan. 2008. Manajemen Stratejik, Jakarta: Bumi aksara.

Sayid Sabiq.1987. Fiqih Sunnah. Beirut: Darul-Kitab al-aribi

Suharsimi Arikunto. 1994. op.cit., h.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Philip Kotler dan G. Amstrong. 1997. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlanga




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/ekobis.v2i02.435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Index By

  

Alamat :

Kantor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura

Jl. Perwira Tanjung Rema, Sungai Sipai, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan 70613