PENGARUH STRATEGI PEMASARAN GADAI SYARIAH TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA PT. PENGADAIAN (PERSERO) CABANG SYARIAH MARTAPURA SUNGAI PARING KABUPATEN BANJAR
Abstract
Hasil penelitian menunujukkan Pegadaian merupakan salah satu alternatif pendanaan yang sangat efektif karna tidak memerlukan persyaratan yang rumit yang dapat menyulitkan nasabah dalam pemberian dana. Cukup dengan membawa barang jaminan yang bernilai ekonomis, masyarakat sudah bisa mendapatkan dana untuk kebutuhannya, baik produktif maupun konsumtif. Di samping itu proses pencairan dana yang terbilang cepat dan mudah. Sedangkan operasional pegadaian pun juga menggunakan sistem bunga yang sangat dilarang dalam syariah Islam. Maka dari itu didirikan pengadaian syariah yang memang didirikan oleh perum pengadaian agar terhindar dari rentenir dan riba.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Gadai Syariah, PengadaianFull Text:
UntitledReferences
Abdullah bin Abdurrahman. 2012. Tafsir Ibnu Katsir, Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i
A. W. Munawir. 1997. Kamus Al-Minawir, Surabaya: Pustaka Progressif.
Fadhillah Asy-Syaikh Muhammad, Tafsir Ayat Al-Ahkam, ttp: tp, tt,
Heri Sudarsono. 2003. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Yogyakarta: Ekonisia
Musfiqon. 2012. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia
Sondang P. Siagaan. 2008. Manajemen Stratejik, Jakarta: Bumi aksara.
Sayid Sabiq.1987. Fiqih Sunnah. Beirut: Darul-Kitab al-aribi
Suharsimi Arikunto. 1994. op.cit., h.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
Philip Kotler dan G. Amstrong. 1997. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlanga
DOI: http://dx.doi.org/10.58791/ekobis.v2i02.435
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index By
Alamat :
Kantor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura
Jl. Perwira Tanjung Rema, Sungai Sipai, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan 70613