ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PT PHINTRACO SEKURITAS UNTUK MENINGKATKAN INVESTOR SAHAM SYARIAH DI KOTA MARTAPURA

Muhammad Hulaifi, Muhammad Yulian Ma’mun, Khairatun Hisan

Abstract


Strategi menjadi kunci yang sangat penting untuk mencapai keberhasilan dalam mewujudkan tujuan perusahaan. Perusahan sekuritas yang memiliki kantor cabang PT Phintraco Sekuritas, yang tentunya memiliki strategi tersendiri dalam menarik investor di Kalimantan Selatan. Yang mana investasi saham masih tergolong awam bagi sebagian masyarakat Indonesia, khususnya Kota Martapura yang kental akan nuansa keIslamannya. Jadi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan kendala melalui analisis SWOT yang dilakukan PT Phintraco Sekuritas dalam meningkatkan jumlah investor di kota Martapura. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Phintraco Sekuritas Cabang Banjarmasin berdasarkan hasil analisis SWOT. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pt Phintraco Sekuritas Untuk Meningkatkan Investor Saham Syariah Di Kota Martapura, perusahaan PT Phintraco Sekuritas membantu Bursa Efek Indonesia dalam sosialisasi edukasi tentang pasar modal dan investasi saham, serta menjalankan program Sekolah Pasar Modal (SPM) dan Kelas Investor Saham (KIS). PT Phintraco Sekuritas juga ikut berpatisipasi dalam kerjasama mendirikan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia di beberapa perguruan tinggi di Kalimantan Selatan. Dampak strategi yang diterapkan berhasil meningkatkan pengetahuan dan menarik investor masyarakat kota Martapura. Sedangkan kendala utama dalam meningkatkan investor yaitu kurangnya pengetahuan mengenai pasar modal dan investasi saham, adanya stigma negatif yang mengatakan bahwa saham itu riba, haram serta takut berinvestasi saham karena saham itu berisiko.

Kata Kunci: Investor, Phintraco Sekuritas, Strategi, SWOT


Full Text:

Untitled

References


Abdalloh, Irwan. 2019. Pasar modal syariah. Elex Media Komputindo

Achsien, Iggi H. 2010. Investasi Syariah di Pasar Modal. Jakarta: Gramedia,

Ahmadsyah, Israk, Rahmati Rahmati, and Safarul Aufa 2006-2019. "Analisis Pengaruh Pembiayaan Modal Kerja, Pembiayaan Investasi, Dan Pembiayaan Konsumtif Terhadap Total Aset Bank Aceh Periode 2016-2019. 2019.." Jurnal Ekonomi Regional Unimal.

Al Hamid, Thalhah dan Budur Anufiah. 2021. “Instrumen Pengumpulan Data.” Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN),

Alfiyati, Marsha Hanniah. 2019. Analisis Financial Distress dengan Menggunakan Metode Altman Z-Score dan Springate S-Score (Studi pada Emiten Sektor Industri Barang Konsumsi Subsektor Food & Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018). Diss. Universitas Brawijaya

Almanshur, M. Djunaidi Ghony dan Fauzan. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif

Auliyah, Robiatul, and Ardi Hamzah.2006. "Analisa Karakteristik Perusahaan, Industri dan Ekonomi Makro Terhadap Return dan Beta Saham Syariah di Bursa Efek Jakarta." Simposium Nasional Akuntansi. 2006.

Burhanuddin. 2008. Pasar Modal Syariah. Jakarta: UI Press,

Cahya, Bayu Tri. 2019. "Pengaruh Motivasi dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Saham." Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman

Darmadji, T., & Fakhruddin, H. M. 2015. Pasar Modal di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat

Djaelani, Aunu Rofiq. 2013. "Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif." Majalah Ilmiah Pawiyatan.

Djunaeni, M. E.. 2014. Pasar Modal dan Pedoman Umum Penerapan Prinsip Syariah di Bidang Pasar Modal. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah

Fajar, R. C. 2017. “Pengaruh Motivasi Investasi dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal pada Mahasiswa FE UNY.” Jurnal Profita 1, no. 1 (2017): 70.

Fatullah, M. Fikri. 2008. "Analisis peluang pemasaran online produk informasi digital tanaman anggrek." Medan: Universitas Sumatera Utara. Gumanti, T. A. Manajemen investasi: konsep,teori, dan aplikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media, Harisudin, M. O. H. D. 2017. "Competitive profile matrix sebagai alat analisis strategi pemasaran produk atau jasa." SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis

Hartono, J. Teoriortofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE., 2010.

Ibrahim, Duski. "Metodologi penelitian dalam kajian islam (suatu upaya iktisyaf metode-Metode muslim klasik)."

Islam, M. A., Rahman, M. I., & Yousuf, S.2015. “Investors’ Investment Decisions in Capital Market: Key Factors. Global J.” journals Inc. (USA) 15, no. 4 (2015): 140–44.

Kibtiyah, A. Hubungan Integritas Dan Loyalitas Karyawan Dengan Visi Misi Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. Bank Central Asia, Tbk). EDUKA Jurnal Pendidikan, Hukum dan Bisnis.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2011. “Manajemen Pemasaran.” Manajemen 1, no. 12

Kurniawan, Budi. 2017. “Teori Kendala Sebagai Alat Pengukuran Kinerja." Jurnal Akuntansi Bisnis .

Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Rosdakarya.

Mulyana, M., Hidayat, L., & Puspitasari, R. 2019. “Mengukur Pengetahuan Investasi Para Mahasiswa Untuk Pengembangan Galeri Investasi Perguruan Tinggi. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia).

Naimah, Z., & Utama, S. 2006. Pengaruh ukuran perusahaan, pertumbuhan, dan profitabilitas perusahaan terhadap koefisien respon laba dan koefisien respon nilai buku ekuitas: Studi pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi IX, 1,

Nur, Efa Rodiah. 2015. "Riba Dan Gharar: Suatu Tinjauan Hukum Dan Etika Dalam Transaksi Bisnis Modern." Al-'Adalah.

Oentoro, Deliyanti, 2016. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laksbang Pressindo,

Rahmi, R., Dalimunthe, S., & Susita, D. (20021Analisis SWOT sebagai Upaya Peningkatan Keunggulan Kompetitif Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin. 2021

Rangkuti, Freddy. 2016."Teknik membedah kasus bisnis Analisis SWOT."

Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia

Rudy Chandra. "Analisis Pemilihan Saham oleh Investor Asing di Bursa Efek Indonesia." BISNIS & BIROKRASI: Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi

Saputra, D. 2018. “Pengaruh Manfaat, Modal, Motivasi dan Edukasi Terhadap Minat Dalam Berinvestasi di Pasar Modal.” Future Jurnal Manajemen dan Akuntansi 5, no. 2 : 170–90.

Suciningtias, Siti Aisiyah, and Rizki Khoiroh. "Analisis dampak variabel makro ekonomi terhadap indeks saham syariah indonesia (ISSI)." Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM). Vol. 2. No. 1. 2015.

Sugiyono. 2008Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta,

Sulistiani, Dwi .2014."Analisis SWOT sebagai strategi perusahaan dalam memenangkan persaingan bisnis." el-Qudwah .2014.

Utami, Endah, and Ali Imron. 2012. "Perumusan strategi perusahaan berdasarkan competitive advantage." .

Yam, J. H. . 2022. Manajemen strategi: konsep & implementasi. Nas Media Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/ekobis.v2i02.438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Index By

  

Alamat :

Kantor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura

Jl. Perwira Tanjung Rema, Sungai Sipai, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan 70613