PENGARUH PROMOSI FLASH SALE DAN GRATIS ONGKIR DI APLIKASI SHOPEE TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA IAID FEBI ANGKATAN 2018

Rabiati Rabiati, Hu’shila Awalia, Khairatun Hisan

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kehidupan modern Mahasiswa IAID FEBI saat ini yang sedikit banyaknya membawa konsekuensi pada gaya hidup setiap hari yang dijalani. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh flash sale dan gratis ongkir terhadap minat mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data diperoleh dari mahasiswa melalui kuesioner dengan jumlah  sebanyak 50 responden. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan bantuan SPSS 25 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian variabel flash sale  (X1) berpengaruh secara parsial, dilihat dari uji T dengan nilai T hitung > Ttabel dengan nilai signifikasi 0,028 ˂ 0,1. Maka dapat dikatakan bahwa flash sale  berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat mahasiswa. Dengan demikian H1 dalam penelitian ini terdukung atau diterima. Sedangkan variabel gratis ongkir (X2) nilai dari T-hitung > T-tabel dengan nilai signifikasi (< 0,1 maka H1 dalam penelitian ini terdukung atau diterima. Adapun untuk besarnya pengaruh Flash sale dan Gratis ongkir berpengaruh secara simultan, dilihat dari hasil uji F yaitu nilai F-hitung > Ftabel dan nilai signifikasi untuk pengaruh flash sale (X1) dan gratis ongkir (X2) secara simultan terhadap minat mahasiswa (Y) ˂ 0,1 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh flash sale dan gratis ongkir secara simultan terhadap minat mahasiswa. Dari hasil untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel independen yaitu flash sale dan gtaris ongkir terhadap variabel dependen Keputusan minat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Islam terhadap Promosi flash sale dan gratis ongkir dapat diterangkan oleh uji koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 36,3%, yang berarti bahwa pengaruh variabel independen tersebut melebihi dari setengah yaitu 50% yang bisa disimpulkan bahwa variabel tersebut adalah variabel yang memiliki pengaruh besar

Kata kunci: Flash Sale , Gratis Ongkir, Minat Beli 

Full Text:

Untitled

References


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kehidupan modern Mahasiswa IAID FEBI saat ini yang sedikit banyaknya membawa konsekuensi pada gaya hidup setiap hari yang dijalani. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh flash sale dan gratis ongkir terhadap minat mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data diperoleh dari mahasiswa melalui kuesioner dengan jumlah sebanyak 50 responden. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan bantuan SPSS 25 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian variabel flash sale (X1) berpengaruh secara parsial, dilihat dari uji T dengan nilai T hitung > Ttabel dengan nilai signifikasi 0,028 ˂ 0,1. Maka dapat dikatakan bahwa flash sale berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat mahasiswa. Dengan demikian H1 dalam penelitian ini terdukung atau diterima. Sedangkan variabel gratis ongkir (X2) nilai dari T-hitung > T-tabel dengan nilai signifikasi (< 0,1 maka H1 dalam penelitian ini terdukung atau diterima. Adapun untuk besarnya pengaruh Flash sale dan Gratis ongkir berpengaruh secara simultan, dilihat dari hasil uji F yaitu nilai F-hitung > Ftabel dan nilai signifikasi untuk pengaruh flash sale (X1) dan gratis ongkir (X2) secara simultan terhadap minat mahasiswa (Y) ˂ 0,1 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh flash sale dan gratis ongkir secara simultan terhadap minat mahasiswa. Dari hasil untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel independen yaitu flash sale dan gtaris ongkir terhadap variabel dependen Keputusan minat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Islam terhadap Promosi flash sale dan gratis ongkir dapat diterangkan oleh uji koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 36,3%, yang berarti bahwa pengaruh variabel independen tersebut melebihi dari setengah yaitu 50% yang bisa disimpulkan bahwa variabel tersebut adalah variabel yang memiliki pengaruh besar

Kata kunci: Flash Sale , Gratis Ongkir, Minat Beli




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/ekobis.v2i02.440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Index By

  

Alamat :

Kantor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura

Jl. Perwira Tanjung Rema, Sungai Sipai, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan 70613