HUBUNGAN MANAJEMEN RISIKO TERHADAP PENGUASAAN TEKNOLOGI PEDAGANG PASAR BATUAH MARTAPURA

Rusdiana, Nida Nor Apifah Gina Pahriana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan manajemen risiko terhadap penguasaan teknologi pedagang pasar Batuah Martapura. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu berusaha mengungkapkan Hubungan Manajemen risiko dengan Penguasaan teknologi Pedagang pasar batuah Martapura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan teknologi berhubungan dengan manajemen risiko. Dengan adanya Manajemen Risiko dan penguasaan akan teknologi maka pedagang dapat meminimalisir kerugian yang terjadi akibat kurangnya pengetahuan tentang trend masa kini. Oleh karena itu, untuk dapat bersaing di dalam dunia ekonomi yang berkembang sangat pesat, Para pedagang harus dapat meningkatkan skill di berbagai bidang khususnya Teknologi. Penguasaan Teknologi sangat berpengaruh pada pemasaran digital karena dapat membantu para pedagang dalam meningkatkan omset mereka.

Kata kunci: manajemen risiko ; pedagang ; teknologi

Full Text:

PDF

References


“Ainiyah, N., Ibrahimy, U., & Situbondo, S. (2018). Remaja Millenial Dan Media Sosial : Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. 2 (April), 221–236.” N.D.

Anwar, Mukhlis Kaspul. 2023. “Nilai-Nilai Al-Quran Dan As-Sunnah Dalam Praktik Jual Beli Pada Pasar Batuah Martapura.”

Artanto, Hadian, And Firman Nurdiyansyah. 2017. “Penerapan Seo (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk.” Jointecs (Journal Of Information Technology And Computer Science) 2 (1). Https://Doi.Org/10.31328/Jointecs.V2i1.409.

Bara, Elsa Annisa Batu, Kartika Amelia Nasution, And Rafika Zahara Ginting. N.D. “Penelitian Tentang Twitter.”

Cahyadi, Ady. N.D. “Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Uin Syarif Hidayatullah Jakarta 2022 M / 1444 H.”

Fauza Husna. 2023. “Peran Affiliator Dalam Menarik Minat Belanja Konsumen.” Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (Snpk) 2 (May): 299–306. Https://Doi.Org/10.36441/Snpk.Vol2.2023.135.

Fauzi, Firman. 2016. “Manajemen Resiko Di Tengah Perubahan Model Bisnis Telekomunikasi.” Jurnal Teknik Mesin 05.

“Ghobakhloo, M., Arias‐Aranda, D. And Benitez‐Amado, J. 2011. ‘Adoption Of E‐Commerce Applications In Smes’, Industrial Management & Data Systems, Vol. 111 No. 8, Pp. 1238- 1269. Https://Doi.Org/10.1108/02635571111170785.” N.D.

Hidayati, Yuliana, Mukhlis Kaspul Anwar, And Lola Malihah. 2023. “Pengaruh Pasar Digital Terhadap Omset Penjualan Pakaian Di Pasar Batuah Martapura.”

Kurniawati, Emaya, Wyati Saddewisasi, And Sri Yuni Usm Semarang Widowati. 2020. “Strategi Peningkatan Omset Penjualan Bagi Pedagang Pasar Bulu Setelah Renovasi.” Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis 14 (1): 40. Https://Doi.Org/10.33795/J-Adbis.V14i1.87.

Mubaroq, Husni, And Yulia Nurul Hidayati. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Dan Facebook Dalam Pembentukan Budaya Alone Together Pada Kalangan Remaja Di Desa Ambulu Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo.” Populika 10 (2): 54–61. Https://Doi.Org/10.37631/Populika.V10i2.497.

Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. N.D. “Efektivitas Email Untuk Pemasaran” 02 (02).

Olivia, Ratu. 2022. “Disusun Untuk Memenuhi Syarat Kelulusan Program Strata I Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer (Stmik) Palangkaraya.”

“Rusdiana, (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Di Pasar Pagi Sekumpul Martapura Kabupaten Banjar.” N.D.

Setyawati, Emy, And Andhatu Achsa. 2021. “Strategi Peningkatan Omset Penjualan Pedagang Pakaian Melalui Marketing Mix Studi Pada Pasar Muntilan, Kabupaten Magelang.” E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 14 (1): 55–67. Https://Doi.Org/10.51903/E-Bisnis.V14i1.344.

“Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabet.” N.D.

Tahir, Hamsinah. 2019a. “Analisis Pendapatan Pedagang Pakaian Di Pasar Wameo Kelurahan Wameo Kecamatan Batu Poaro Kota Baubau,” No. 1.

———. 2019b. “Analisis Pendapatan Pedagang Pakaian Di Pasar Wameo Kelurahan Wameo Kecamatan Batu Poaro Kota Baubau,” No. 1.

Tinambunan, Tresia Monica. 2022. “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Komunikasi Massa Dikalangan Pelajar.” Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi 5 (1). Https://Doi.Org/10.31602/Jm.V5i1.6756.

Welta, Fretty. 2013. “Perancangan Social Networking Sebagai Media Informasi Bagi Pemerintah” 5




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/ekobis.v4i02.508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Index By

  

Alamat :

Kantor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura

Jl. Perwira Tanjung Rema, Sungai Sipai, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan 70613