BERSUNGGUH-SUNGGUH (IJTIHAD) DALAM PROSES PEMBELAJARAN MENURUT AL-QUR’AN

Nazla Tahmida, Sahbana Sahbana, Muhammad Toyyib, Masruddin Masruddin

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perintah bersungguh-sungguh dalam proses pembelajaran menurut al-Qur’an dalam surah al-Ankabut ayat 69 dan Maryam ayat 12, dan mengetahui pengertian bersungguh-sungguh, dasar dan juga ciri-ciri bersungguh-sungguh menurut al-Qur’an. Metode penelitiannya adalah pendekatan kepustakaan (library reseach) dengan membaca dan mencari dikitab-kitab, buku, jurnal dan sebagainya. Hasil dari penelitian dan kesimpulannya adalah keberhasilan didapatkan dari peserta didik yang mempunyai sikap bersungguh-sungguh bukan dari peserta didik yang bermalas-malasan dan bersantai. Dasar dari bersungguh-sungguh adalah sabar, dan ciri-ciri peserta didik yang bersungguh-sungguh adalah rajin, mengulang-ulang Pelajaran, sabar, istiqomah dan berdo’a, serta ciri-ciri pendidik yang bersungguh-sungguh adalah ia yang sabar, konsisten, merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan memahami kebutuhan peserta didiknya.

Kata kunci: Al-Qur’an; bersungguh-sungguh; pembelajaran, perintah

Abstract
This research aims to understand the concept of diligence in the learning process according to the Qur'an in Surah Al-Ankabut verse 69 and Maryam verse 12. It also seeks to comprehend the meaning, foundations, and characteristics of diligence according to the Qur'an. The research methodology employs a literature review approach, involving the exploration of various sources such as books, journals, and other relevant materials. The findings and conclusions of the research indicate that success is achieved by students who exhibit a diligent attitude, as opposed to those who are lazy and relaxed. The foundation of diligence lies in patience, and the characteristics of diligent students include diligence, repetition of lessons, patience, perseverance, and prayer. Additionally, characteristics of diligent educators include patience, consistency, planning, implementation, evaluation, and an understanding of the needs of their students.

Keywords: Al-Qur’an; earnest; instruction; learning

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abduh, D. A. (2008). Kamus Al-Mufradat. Wafa Press.

Al-Khawarizmi, A. Q. M. bin U. Z. (2009). Tafsir Al-Kasyaf. Darul Ma’rifah.

An-Naisaburi, M. bin al-H. A. al-H. al-Q. (n.d.). Al-Musnad As-Shahih/ Shahih Muslim. Dar Ihya At-Turast Al-Arabi.

As-Sayuthi, I. J. A. (n.d.). Al-Asybah An-Nazhair. Dar Kutub Al-Ilmiyah.

Darsi, & Mitra, O. (2022). Pedoman Etika dan Adab Menuntut Ilmu dalam Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 6851–6858.

Habibah, D. S. (2021). KONSEP KESUNGGUHAN DAN KETEKUNAN DALAM MENUNTUT ILMU (Studi Analisis QS. Al-Ankabut Ayat 69 dan Kitab Ta’līm Al-Muta’allim Karya Syaikh Az-Zarnuji). INSTITUT ILMU AL-QUR’AN (IIQ) JAKARTA.

HADI, K. A. (2018). Konsep Istiqomah Dalam Menuntut Ilmu (Studi Terhadap Al-Qur’an Surat Fushshilat Ayat 30). 81. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/4648/%0Ahttp://perpus.iainsalatiga.ac.id/lemari/fg/free/pdf/?file=http://perpus.iainsalatiga.ac.id/g/pdf/public/index.php/?pdf=4648/1/SKRIPSI KHARIS ABDURROHMAN HADI 111-13-204 (YANG PALING BENAR)

Irvianti, N. dan H. (2019). NILAI SPIRITUAL DAN SOSIAL DALAM AL-QUR’AN SURAH MARYAM AYAT 12-14 PADA PENDIDIKAN ANAK (Implementasinya di SD IT Iqra Kota Serang). Jurnal Qathruna, 6(1), 1–20.

Jufri, J. dkk. (2020). Kiat Sukses Pelajar dalam Belajar di Era 4.0. Jariah Publishing Intermedia.

Khasanah, W. (2021). Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Islam. Jurnal Riset Agama, 1(2), 296–307. https://doi.org/10.15575/jra.v1i2.14568

Manik, W. (2017). KEWAJIBAN MENUNTUT ILMU. Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah Deli Serdang Jurnal WARAQAT ♦, II(2), 153–169.

Mazith, S. W., Surana, D., & Sobarna, A. (2022). Analisis tentang Prinsip-Prinsip Belajar Menurut Kitab Ta’lim Muta’allim. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i1.1695

Niam, K. dkk. (2020). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Kanzum Books.

Rohmah, A. N. (2017). Belajar Dan Pembelajaran(Pendidikan Dasar). Journal.Stitaf.Ac.Id, 09(02), 193–210.

Sugono, D. dkk. (2008). KAMUS BAHASA INDONESIA. Pusat Bahasa.

Ulya, H. dan A. M. (2021). Urgensi Motivasi Belajar terhadap Keberhasilan Menuntut Ilmu Perspektif Kitab Ta’lim Muta’allim. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 16–37. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i3.772

Yusuf, Y. (2017). Spiritualitas Seorang Guru. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 4(1), 39–42.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Flag Counter


Contact Us :

Address: Kantor Prodi PAI Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313