Penerapan Program Adiwiyata Di Sekolah Dasar Negeri Tambak Anyar

Musthofa Dhuha, Muhammad Zulkifli

Abstract


Abstrak

Lingkungan merupakan isu permasalahan tersendiri dalam dunia  pendidikan dan salah satu bukti berhasilnya sebuah  pendidikan  ialah meningkatnya taraf lingkungan yang baik. Kesadaran  lingkungan  penting  untuk  diterapkan  di  sekolah, yaitu dengan  program  sekolah  adiwiyata  sebagai  program  lingkungan hidup  dan  menjadi  sarana  yang    menghasilkan sumber  daya  manusia  yang    melaksanakan  prinsip  pembangunan berkelanjutan yaitu mempertahankan kualitas hidup bagi seluruh manusia pada masa ini dan masa depan dengan prinsip kesejahteraan ekonomi, keadilan sosial dan pelestarian lingkungan.

Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, fokus penelitian ini mendeskripsikan bagaimana penerapan program Adiwiyata di  Sekolah Dasar Negeri Tambak Anyar dan penulis menguraikan fokus penelitian tentang bagaimana proses penerapan progam adiwiyata di Sekolah. Dan apa saja program adiwiyata disekolah serta manfaat dari penerapan program adiwiyata bagi Sekolah Dasar Negeri Tambak Anyar.

Kesimpulan dari penelitian di Sekolah Dasar Negeri Tambak Anyar mengenai  penerapan program adiwiyata yaitu tentang: 1) mengetahui proses penerapan adiwiyata 2) macam-macam program adiwiyata di sekolah. 3)  apa saja manfaat  adiwiyata bagi sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat program adiwiyata disekolah yaitu  a) Sosialisasi  terhadap  pelaksanaan  kebijakan  program  Adiwiyata b) Adanya pengolahan sampah dengan prinsip 3R (Reuse, Reduce dan Recycle). c) Peraturan dalam kelas. d) Pengelolaan lingkungan sekolah dan e) Adanya Greenhouse.

 

Kata kunci: Penerapan, Program Adiwiyata,SDN Tambak Anyar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 5). Rineka Cipta. Jakarta: (2010).

Alawiyah, Faridah. "Pendidikan madrasah di Indonesia." Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial 5.1 (2014).

Bahrudin, Fathurahman Dendy Mohammad. "Pelaksanaan program Adiwiyata dalam mendukung pembentukan karakter peduli lingkungan di SMA Negeri 4 Pandeglang." Jurnal Pendidikan Geografi (2017).

Maula, Syarif Bani. “Wawasan Al-Qur’an Tentang Konservasi Alam”, Maghza Vol. 2 No. 2 Juli-Desember 2017.

Dangu, Ardiana Sari, I. Ketut Laba Sumarjiana, and Ruli Anto. "Sejarah Pendidikan Indonesia Awal Kemerdekaan Tahun 1945-1950." Jurnal Inovasi Penelitian 3.2 (2022)

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2014).

Priatna, Asep. "Manajemen Sekolah Adiwiyata (Green School)." Jurnal Soshum Insentif (2020): 37-43.

https://kbbi.web.id/peran.html (Diakses Pada Kamis 03 Agustus 2023).

https://kbbi.web.id/madrasah.html (Diakses Pada Kamis 03 Agustus 2023).

https://kbbi.web.id/wiyata.html (Diakses Pada Jum’at 04 Agustus 2023).

Https://quran.kemenag.go.id/ (Diakses Pada senin 02 Oktober 2023)

Haryono, Hadi, Amirul, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Pustaka Setia, 2012).

Moleong, Lexy J. “Metodologi Penelitian kualitatif” (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007), cetakan ke-23.

Mahrus, A. (2020). “Peran Kepala Madrasah Dalam Upaya Pencapaian Prestasi Adiwiyata Di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Kali kejambon Tembelang Jombang” (Doctoral dissertation, Universitas Pesantren Tinggi Darul'Ulum).

Nuzulia, Sri. Sukamto, S. dan Purnomo, A. "Implementasi program adiwiyata mandiri Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan." Sosio Didaktika: Social Science Education Journal 6.2 (2019).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan .Nomor 64 tahun 2015 tentang kawasan tanpa rokok di lingkungan sekolah.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata. Jakarta.

Purwanto, “Metodologi Penelitian Kuantitatif,” (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008)

Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.” Bandung: CV. Alfabeta. (2016).

Sulastri, Tuti. "Fungsi madrasah dalam pengembangan ilmu pengetahuan Islam." QATHRUNÂ 3.02 (2016).

Syafrudin, Ali “Evaluasi Program Adiwiyata SDN 06 Kelapa Dua Jakarta”, Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, (Vol. 1, No. 2, 2016)

Taufiq, Agus. "Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar." Pendidikan Anak Di SD (2014).

Tim MKU PLH, “Buku Ajar Pendidikan Lingkungan Hidup”, (Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2014).

Republik Indonesia, “Undang-Undang RI No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional” Jakarta. (2003).

Yamin, Mohamad, Nurwadjah Ahmad, and Suhartini, Andewi. "Konsep Pendidikan Berwawasan Lingkungan dalam Perspektif Islam." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4.4 (2022).

Yunita, Tisa, et al. "Membangun Kualitas Budaya dan Lingkungan Sekolah Melalui Program Adiwiyata." Aulad: Journal on Early Childhood 4.3 (2021).

Efendi, Rinja, and Delita Gustriani. “Manajemen Kelas Di Sekolah Dasar”. Penerbit Qiara Media, 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Us :

Ar-Raihan Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. Tanjung Rema, Kantor Prodi PGMI

Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: Sudutwarna@gmail.com