NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU BIOGRAFI NURCHOLISH MADJID DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK (Telaah Buku Cak Nur, Sang Guru Bangsa Karya Muhammad Wahyuni Nafis)

Zulqarnain Zulqarnain, Masruddin Masruddin, Khalilurrahman Khalilurrahman

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku biografi Nurcholish Madjid yang berjudul Cak Nur Sang Guru Bangsa Karya Muhammad Wahyuni Nafis dan relevansinya dengan materi membiasakan akhlak terpuji pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII tahun 2020 di Madrasah Tsanawiyyah. Penelitian ini bermanfaat untuk memperkaya khazanah keilmuan bagi peneliti sejarah dan pemikiran Islam dan untuk referensi dalam dunia Pendidikan Agama Islam. 

Penelitian yang bersifat Library research atau studi kepustakaan dalam arti semua datanya berasal dari bahan tertulis, yakni penulis mempelajari dan menelaah bahan-bahan pustaka khususnya yang berkenaan dengan masalah nilai-nilai pendidikan karakter dan akidah akhlak. Penelitian ini menggunakan analisis isi (Content Analysis) dan metode deskriptif. Analisis isi digunakan untuk mengungkap, memahami, dan menangkap isi tulisan, sedang metode deskriptif untuk membahas objek penelitian secara apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh. 

Penelitian ini menemukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku biografi Cak Nur Sang Guru Bangsa yaitu: religius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, demokratis, cinta tanah air, komunikatif/bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Adapun relevansi buku Cak Nur Sang Guru Bangsa dengan mata pelajaran akidah akhlak meliputi: Ikhtiar, tawakal, syukur, sabar, qana’ah, husnuzan, tawadu, tasamuh, dan ta’awun.

 

Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan karakter, Akidah Akhlak, Nurcholish Madjid.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abbas, Ersis Warmansyah. Pendidikan Karakter (Bandung: WAHANA Jaya Abadi, 2014).

Abdurrahmah, Muhammad. Pendidikan Karakter Bangsa, (Banda Aceh: ‘Adnin Foundation, 2018).

Ad-Dhomairiyah, Utsman Jum’ah. Madkhal li-Dirâsal Aqîdatil Islamiyyah (Cet. 3; Jeddah: Maktabah as-Sawadi li-tawzi’, 1996).

Ainissyifa, Hilda. “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam”. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 08, No. 01, 2014.

Al-Bujairimi, Sulaiman. Hasyiyatul Bujairimi alal Khatib, juz III (Beirut: Dar al-Fikr, 1995).

Al-Ghazali, Abu Hamid. Ihyâ Ulûm ad-Dîn, juz I (Beirut: Dar al-Ma’rifah, 2015).

Al-Ghazi, Muhammad bin Qasim. Fathul Qarīb (Beirut: Dar Ibn Hazm, 2005).

Al-Hafid, Ibnu Rusyd. Adh-Dharûrî fî Ushûl al-Fiqh (Beirut: Dar al-Gharb al-Islami, 1994).

Al-Jauziyyah, Ibnu Qoyyim. Madârij as-Sâlikîn juz II (Beirut: Dar ‘Ibn Hazm, 2019).

Al-Khatabi. Syanu ad-Du’a, juz I (Giza: Dar ats-Tsaqafah al-Arabiyyah, 1992).

Al-Utsaimin, Muhammad Shalih, Ulumul Qur’an wa Ushul at-Tafsir (Syamila: al-Maktabah al-Islamiyyah, 2001).

An-Nawawi, Abu Zakariyya Yahya bin Syaraf. al-Adzkār li-Nawawi (Beirut: Dar Ibnu Hazm, 2004).

An-Nawawi, Abu Zakariyya Yahya bin Syaraf. Majmu’ Syarah Muhadzab, juz IV (Beirut: Dar al-Fikr, 2010).

An-Nawawi, Abu Zakariyya Yahya bin Syaraf. Riyaadhus-Shaalihiin (Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiah, 2014).

Apartando, Paus. Kamus Populer (Surabaya: PT. Arkola, 1994).

Ardhyantama, Vit, “Membangun Kreativitas Berdasarkan Gagasan Ki Hajar Dewantara”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 5, No. 1, Juni 2020.

Arifin, Bustanul, “Implikasi Prinsip Tasamuh Toleransi dalam Interaksi Antar Umat Beragama”. Fikri, Vol. 1 No. 1, Desember 2016.

Ar-Razi, Fakhruraddin. At-Tafsîr al-Kabîr juz V (Beirut: Dar Ihya at-Turats, 1999).

As-Salmi, Abdurrahim. Kitâb Tasîl ‘Ilm al-Aqîdah juz I (Transkrip Audio: al-Maktabah asy-Syamilah, 2011).

Azizah, Nur, “Perilaku Moral dan Religiusitas Siswa Berlatar Belakang Pendidikan Umum dan Agama”. Jurnal Psikologi, Vol. 33 No. 2, 25 Agustus 2015.

Badan Pengembangan Bahasa dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. KBBI V (Jakarta: Kemendikbud, 2018).

Bakar, Abu, "Konsep Toleransi Dan Kebebasan Beragama". TOLERANSI: Media Komunikasi Umat Beragama, Vol.7, No.2 Juli-Desember 2015.

Chusnan, Masyitoh. Tasawuf Muhammadiyah (Jakarta: Kubah Ilmu, 2012).

Ekaprasetya, Sahma Nada Afifah, “Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Generasi Millenial di Era Globalisasi melalui Pancasila”. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 5, No. 3, tahun 2021.

Erviana, Vera Yuli, “Penanganan Dekadensi Moral melalui Penerapan Karakter Cinta Damai dan Nasionalisme”. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol. 14, No.1, tahun 2021.

Fabriar, Silvia Riskha, “Agama, Modernitas dan Mentalitas: Implikasi konsep Qana’ah Terhadap Kesehatan Mental”. Jurnal Dakwah dan Sosial, Vol. 03, No. 02, Oktober, 2020.

Faris, Ibnu. Maqâyis al-lughat, juz VI (Damaskus: Dar al-Fikr, 1989).

Hanafi, Imam. Ilmu Tasawuf (Pekalongan: Penerbit NEM, 2020).

Hernowo. Langkah Mudah Membuat Buku yang Menggugah (Jakarta: Mizan Learning Centre, 2004).

Ibrahim, Abu Abdurrahman. Mu’jam at-Tauhîd, juz I (Riyadh: Dar al Qabs, 2014).

IAID. Buku Pedoman Penulisan Skripsi, Makalah, dan Jurnal (Institut Agama Islam Darussalam Martapura: 2021).

Kemenag RI. Akidah Akhlak Kelas VIII (Jakarta: Kementerian Agama RI, 2020).

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. Tafsir Al-Qur’an Tematik: Pendidikan, Pembangunan Karakter, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Badan Litbang Dan Diklat: Kemenag RI, 2010).

Lesilolo, Herly Janet, “Proses Pembelajaran yang Demokratis di Sekolah (Studi di Sma Kolese De Beritto Yogyakarta”. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, Vol. 04, No. 01 2020.

Lickona, Thomas. Education for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility (New York: Bantam Book, 1992).

Madjid, Nurcholish. Karya Lengkap Nurcholish Madjid, ed. Budhy Munawar-Rachman (Jakarta: Nurcholish Madjid Society, 2019).

Mahmudi dkk., “Urgensi Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Imam Ibnu Qoyyim al-Jauziyyah”. Ta’dibuna, Vol. 8, No. 1, April 2019.

Marzuki. Pendidikan Karakter Islam, (Jakarta: AMZAH Bumi Aksara, 2015).

Mu’in, Fathul. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik, (Jogjakarta: Ar-ruzz Media, 2011).

Mu’ti, Abdul. Taawun Untuk Negeri (Jakarta: Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah, 2019).

Mudin, Moh.Isom, dkk., “Mendudukkan Kembali Makna Kafir dalam al-Qur’an dan Konteksnya secara Teologis, Sosiologis, dan Politis”. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, Vol.16, No.1, Juni 2021, h. 50-51.

Musa, Muhammad Yusuf. Mabâhits fî Falsafah al-Akhlâq (Kairo: Muassasah al-Hindawi, 2017).

Mustoip, Sofyan, Muhammad Japar, dan Zulela MS, Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Publishing, 2018.

Nafis, Muhammad Wahyuni. Cak Nur Sang Guru Bangsa (Jakarta: Penerbit Kompas, 2014).

Nugraha, Dera, Uus Ruswandi, M. Erihandiana, “Urgensi Pendidikan Multikultural di Indonesia”. Jurnal Pendidikan PKN Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. I, No. 2, November 2020.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia, “Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab” No. 000912, tahun 2013 dalam Kelompok Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab (https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/pma_912_13.pdf).

Purnomo, Hadi. Pendidikan Islam, Integrasi Nilai-nilai Humanis, Liberasi, dan Transendensi, (Yogyakarta: Absolute Media, 2016).

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Pusat Bahasa, 2008).

Rony, Siti Ainun Jariyah. “Urgensi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik”. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, Vol. 1, No. 1, Juli 2020.

Rusydiyah, Evi Fatimatur. Aliran dan Paradigma Pemikiran Pendidikan Agama Islam Kontemporer. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press, 2019.

Saraswati, Ade Juli, Dhi Bramasta, Karma Iswasta Eka, “Nilai Kepedulian Sosial Siswa Sekolah Dasar”. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), Vol. 1, No. 1, Maret 2020.

Setiyad, Alif Cahya, “Konsep Demokrasi Pendidikan Menurut John Dewey”. At-Ta’dib, Vol. 5. No. 1 Shafar 1430.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbah; Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an (Jakarta: Lentera Hati, 2009).

Sidiq, Umar dan Moh. Miftachul Choiri. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya, 2019.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung: ALFABETA, 2013).

Sulfemi, Arsyad, Wahyu Bagja, Tia Fajartriai, “Penguatan Motivasi Shalat Dan Karakter Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 06, No. 2, Juli-Desember 2020.

Suryana, Toto. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi, (Bandung: Tiga Mutiara, 1997).

Tsauri, Sofyan. Pendidikan Karakter Peluang dalam Membangun Karakter Bangsa (Jember: IAIN Jember Press, 2015).

Wahyudi, Dedi. Pengantar Akidah Akhlak dan Pembelajarannya (Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara, 2017).

Waluya, Bagja. Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat Untuk Kelas X (Bandung: PT. Pribumi Mekar, 2007).

Zaidân, Abdul Karîm. Ushûl ad-Da’wah (Beirut: Muassasah ar-Risalah, 2002).

Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter, (Jakarta: Kencana 2013).

Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam (https://kbbi.web.id/nilai.html) diakses tanggal 5 Desember 2021.

https://www.al-qaradawi.net/node/3431 diakses pada 28 Juni 2022, pukul 13.31 WITA.

https://www.bps.go.id/indicator/30/1475/1/konsumsi-alkohol-oleh-penduduk-umur-15-tahun-dalam-satu-tahun-terakhir.html diakses pada 28 Juni 2022, pukul 19:42 WITA

https://komsas-malang.hmi.or.id/read/1734/kader-berbagi/sejarah-ndp-nilai-dasar-perjuangan-hmi-pertama-kali.html diakses pada 2 Juli 2022, pukul 14:42 WITA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Us :

Ar-Raihan Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. Tanjung Rema, Kantor Prodi PGMI

Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: Sudutwarna@gmail.com

?>
x500 x500 x500 Slot Depo 5k https://sabriaromas.com.ar/wp-includes/x500/ https://nltanimations.com/wp-includes/x500/ http://tnimmigrationgroup.com/wp-includes/x500/ x500 Slot Thailand x500 https://skcollege.org/wp-includes/situs-x500/ https://kilimo.go.ke/wp-content/uploads/x500/ https://kilimo.go.ke/wp-content/uploads/euro-2024/ https://kilimo.go.ke/wp-content/uploads/slot-depo/