PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA MENURUT BUKU KESEHARIAN RASULULLAH Dr. ABDUL WAHHAB BIN NASHIR ATH THURAIRI TERJEMAHAN KARYA MUFLIH KAMIL

Yusril Liyantoro

Abstract


Abstrak

 

Pendidikan karakter adalah pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu tingkah laku yang baik, jujur bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras dan sebagainya. Dalam hal pendidikan karakter, buku juga bisa dijadikan salah satu media karena pengaruh dari buku terhadap pembaca sangatlah besar dan disisi lain buku mengandung unsur pendidikan yang bertujuan untuk merubah perilaku seseorang baik itu kognitif, afektif maupun psikomotor.

Metode penelitian yang dilakukan penulis dalam penelitian ini adalah metode literatur (Library research). Analisis isi adalah suatu teknik penelitian untuk membuat rumusan kesimpulan dengan mengindetifikasi karakteristik spesifik secara sistematis dan objektif dari suatu teks.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) program pendidikan karakter dalam keluarga yang terdapat dalam buku keseharian rasulullah yaitu program pengajaran, program peneladanan, dan program pembiasaan. 2). Berdasarkan hasil analisis data yang penulis lakukan tentang program pendidikan karakter dalam keluarga menurut buku keseharian Rasulullah dengan pendidikan keluarga ini sangat relavan, karena sifat yang terkandung mengenai program pendidikan karakter dalam keluarga yang terdapat dalam buku ini sesuai dengan nilai-nilai pendidikan karakter dalam keluarga seperti nilai-nilai pendidikan karakter religius, jujur, toleransi dan disiplin.

 

Keywords: Pendidikan Karakter, Keseharian Rasulullah, Keluarga


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abuddin Nata, Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia, Jakarta: Grafindo Persada, 2013.

Amirullah Syarbini, Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga, (Jakarta : Gramedia, 2014.

An-Nahlawy dalam Ahmad Tafsir. 2011. Ilmu Pendidikan Dalam perspektif Islam.

Bandung: Rosda Karya 2000.

Ainis Syifa, “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam”, Jurnal Pendidikan

Universitas Garut , vol. 08, No. 01, 2014.

Armei Arief, Pengantar Ilmu dan Metodelogi Pendidikan islam, Jakarta:Ciputat pers, 2002.

Ahmad Tafsir, Pendidikan Agama Dalam Keluarga, Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2002.

Barnawi dan M. Arifin, Strategi Dan Kebijakan Pendidikan Karakter, Jogjakarta: Ar-Ruzz, 2013.

Chabib Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Ikatan Pelajar, 1996.

Departemen Pendidikan Nasional RI. Undang-Undang RI. No.20 Tahun 2003,Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Cet. II; Jakarta: Balai Pustaka, 1989.

Dharma Kesuma dkk, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Duval dalam Sulistyo Andarmogo. Keperawatan Keluarga, Yogyakarta: Graha Ilmu 2012.

Doni Koesoema, Pendidikan Karakter: Strategi Membidik Anak di Jaman Global, Jakarta: Grasindo,2010.

Dicky Setiardi, Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak, Jurnal Tarbawi, Vol. 14. No. 2. Juli – Desember 2017.

Dyah Sriwilujeng, Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter, Esensi: Erlangga, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Us :

Ar-Raihan Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. Tanjung Rema, Kantor Prodi PGMI

Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: Sudutwarna@gmail.com