PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK FIQIH DI MASA PANDEMI COVID-19

Maria Olfah

Abstract


Guru merupakan sosok yang mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan siswa sesuai dengan kemampuanya. Guru merupakan fasilisator dan motivator  dalam pembelajaran untuk mendidik siswa, apalagi pada masa pandemi Covid-19 guru dituntut harus mampu menunjukkan kompetensi guru dalam membimbing siswa. Bentuk-bentuk motivasi yang bisa diberikan oleh guru dalam proses pembelajaran antara lain pemberian nasehat, pemberian tugas dan serta adanya kerja sama antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran. Dapat diambil kesimpulan bahwa peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada masa pandemic covid-19 adalah sebagai motivator, informator, organisasor (penyelenggara), pengaruh/director, inisator, fasilisator, mediator, evaluator (penilai).

Full Text:

Maria Olfah PDF

References


Arianti, Arianti. “Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 12, no. 2 (2019): 117–34.

Cahyani, Adhetya, Iin Diah Listiana, dan Sari Puteri Deta Larasati. “Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19.” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 01 (2020): 123–40.

Hamalik. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara, 2009.

Hamzah, B. Uno. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara, 2021.

Hidayah, Aas Aliana Futriani, Robiah Al Adawiyah, dan Prima Ayu Rizqi Mahanani. “Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi covid-19.” JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial 21, no. 2 (2020): 53–56.

Izzatunnisa, Lita, Ade Suryanda, Anisa Siti Kholifah, Cynthia Loka, Peralihan Pertiwi Idea Goesvita, Priscila Sindy Aghata, dan Salwa Anggraeni. “Motivasi belajar siswa selama pandemi dalam proses belajar dari rumah.” Jurnal pendidikan 9, no. 2 (2021): 7–14.

Mukaromah, Ning. “Persepsi Orang Tua Siswa dan Guru Sekolah Dasar Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Berbasis Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2020): 1689–99.

Nissa, Siti Faizatun, dan Akhmad Haryanto. “Implementasi pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid-19.” Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, Vol. 8, no. 2 (2020): 402–9.

Sardiman, A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo, 2016.

Septiana, Wa Ode Anastasia, dan M. Mukhtar Arifin Sholeh. “Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Xi SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang pada Mata Pelajaran Fiqih selama Masa Pandemi Covid-19.” Sultan Agung Fundamental Research Journal 2, no. 1 (2021): 33–40.

Sudarsana, I. Ketut, Ni Gusti Ayu Made Yeni Lestari, I. Komang Wisnu Budi Wijaya, Astrid Krisdayanthi, Komang Yuli Andayani, Komang Trisnadewi, Ni Made Muliani, Ni Putu Sasmika Dewi, I. Ketut Suparya, dan I. Gede Dharman Gunawan. Covid-19: Perspektif Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Usman, Moh. Uzer. Menjadi guru profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/sydrs.v6i2.147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

Contact Us :

Syariah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kesyariahan dan sosial masyarakat

Address: Jl. Tanjung Rema, Kantor Fakultas Syariah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

 

Email: jurnalsyariah@iaidarussalam.ac.id