DINASTY TURKI UTSMANI DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PERKEMBANGAN PERADABAN ISLAM PADA MASANYA

M. QUZWINI YULIANTI

Abstract


Abstrak

Negara Turki yang kita kenal sekarang bermula dari berdirinya Dinasty Turki Utsmani pada periode pertengahan, yaitu salah satu kerajaan Islam terbesar yang terbentuk setelah runtuhnya beberapa kerajaan Islam sebelumnya. Dinasty ini mampu bertahan selama beberapa abad dan menjadi basis kekuatan Islam di bagian Timur bumi Eropa, serta menjadi penguasa di Asia, Afrika khususnya di daerah Timur Tengah. Peradaban Islam mempunyai sejarah perkembangan yang sangat panjang. Agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW telah membawa bangsa Arab yang dulunya jahiliyah dan terabaikan menjadi bangsa yang sangat maju. Peneliti ingin meneliti tentang sejarah berdirinya Dinasty Turki Utsmani dan bagaimana pengaruhnya terhadap perkembangan peradaban agama Islam disana berabad-abad yang lalu. Karena sedikit dari umat Muslim yang mengetahui bahwa agama Islam tidak hanya berkembang di wilayah Jazirah Arab saja melainkan juga di beberapa wilayah, salah satunya yakni di negara Turki atau yang dulunya disebut dengan Dinasty Turki Utsmani. Peneliti melakukan pengumpulan sumber bacaan berupa buku-buku, beberapa jurnal, dan sejumlah artikel mengenai Dinasty Turki Utsmani dan perkembangan peradaban Islam. Penelitian ini dapat memberikan manfaat dan kemudahan bagi siapa saja yang ingin lebih mengenal dan mengetahui bagaimana sejarah (history) Dinasty Turki Utsmani dan perkembangan peradaban Islam di masanya. 

Kata Kunci: Turki, Peradaban, Islam.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achiriah & Laila Rohani. Sejarah Peradaban Islam, Cet. I, Medan: Perdana Publishing, 2018.

Ali, K. A. Study Of Islamic History, Diterjemahkan Oleh Ghufron A. Mas adi, Sejarah Islam: Tarikh Pramodern. Cet. II; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000.

Black, Anthony. The History Of Islamic Political Though rom The Prophet To The Present, Dialihbahasakan oleh Abdullah Ali. Jakarta: Seranbi Ilmu Semesta, 2006.

Hitti, Phillip, K. History Of The Arabs ; rom Earliest Times To The Present, Dialihbahasakan oleh Cecep Lukman, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2006.

Ibrahim, Hassan. Islamic History And Culture. Dialihbahasakan oleh Djahdan, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Yogyakarta: Kot Kembang, 1989.

Mahmudunassir. Islam; Konsepsi Dan Sejarah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.

Mughani, Syafik, A. Sejarah Kebudayaan Islam Di Turki, Cet. I; Jakarta: Logos, 1997.

Muvid, Muhammad Basyrul. Sejarah Kerajaan Turki Utsmani dan Kemajuannya Bagi Dunia Islam, Universitas Dinamika Surabaya: Tsaqofah & Tarikh Vol. 7 No. 1, Juni, 2022.

Rahman, Fathur. Sejarah Perkembangan Islam di Turki, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Tasamuh: Jurnal Studi Islam, Vol. 10, No. 2, September 2018.

Rahmawati. Perkembangan Peradaban Islam di Kerajaan Turki Utsmani, Universiti Utara Malaysia, Jurnal Rihlah Vol. 1 Nomor 1/2013.

Rahmida Putri, dkk. Warisan Peradaban Islam Era Turki Utsmani sebagai Penguat Identitas Turki Modern, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Local History and Heritage. Vol. 1(2), 26 Agustus 2021.

Thohir, Ajid. Perkembangan Peradaban Di Kawasan Dunia Islam, Melacak Akar-Akar Sejarah, Sosial Politik Dan Budaya Ummat Islam, Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada, 2004.

Yatim, Badri. Sejarah Dan Peradaban Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/sydrs.v7i1.378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

Contact Us :

Syariah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kesyariahan dan sosial masyarakat

Address: Jl. Tanjung Rema, Kantor Fakultas Syariah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

 

Email: jurnalsyariah@iaidarussalam.ac.id