STRATEGI WARUNG TRADISIONAL DALAM MENGHADAPI EKSPANSI MINIMARKET MODERN DI BANJARMASIN

Rusdiah Rusdiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak perekonomian bagi warung tradisional terhadap ekspansi minimarket modern, dan mengetahui survival strategy yang dijalankan oleh warung-warung tradisional tersebut dalam menghadapi ekspansi minimarket modern di Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosioekonomi. Untuk teknik analisa digunakan metode SWOT untuk selanjutnya dilakukan interpretasi berdasarkn teori-teori yang sudah dikemukakan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi perubahan dalam omset dan varian barang jualan dari warung tradisional setelah adanya minimarket modern di lingkungannya. Seiring berjalannya waktu omset bisa kembali naik dengan strategi menjual barang-barang yang tidak dijual di minimarket modern, memberikan jasa layanan antar gratis, harga yang lebih murah karena mereka mampu menjual barang dengan satuan lebih kecil, meningkatkan pelayanan dengan jasa antar gratis, melayani dengan penuh akrab dan kekeluargaan.

Kata kunci : Strategi, Warung, Ekspansi, Minimarket


Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Maruf, Wirausaha Berbasis Syariah, Yogyakarta, Aswaja Pressindo, 2013

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, th

Abdurrahman, Fajar, Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis Cet. 1, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008

Abdurrahman, Fajar, Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008

Abdurrahman, Nana Herdiana, Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, Bandung: CV Pustaka Setia, 2013

Al Masitoh, Eis, Upaya Menjaga Eksistensi Pasar Tradisional: Studi Revitalisasi Pasar Piyungan Bantul dalam Jurnal PMI Vol. X No. 2, Maret 2013

Assauri, Sofjan, Manajemen Pemasaran Dasar: Konsep dan Strategi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2015

Clifford Geertz, Agriculture Involution: The Process of Ecological Change in Indonesia, Berkeley: University of California Press, 1963

Deliarnov, Perkembangan Pemikiran Ekonomi, Edisi Ketiga (Jakarta: Raja Grafindo Perkasa, 2014

Hasanah, Novi Dampak Kehadiran Plaza Ambarukmo Terhadap Aktivitas Jual Beli di Pasar Tradisional Gowok Yogyakarta, Tesis Pascasarjana Fak. Ilmu Budaya UGM, Maret 2008

Husein, Umar, Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1997

Ibrahim, Jhony, Hukum Persaingan Usaha: Filosofi, Teori dan Implikasi Penetapannya di Indonesia, Malang: Bayu Media, 2006

Kasmir, Etika Customer Service, Rajawali Pers:Jakarta, 2006

, Kewirausahaan, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2006

, Manajemen Perbankan, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2003)

, Pemasaran Bank, Edisi Revisi, Jakarta:Kencana, 2010




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/sydrs.v1i1.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

Contact Us :

Syariah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kesyariahan dan sosial masyarakat

Address: Jl. Tanjung Rema, Kantor Fakultas Syariah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

 

Email: jurnalsyariah@iaidarussalam.ac.id