MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI BENTUK-BENTUK KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V DI SDN SUNGAI ASAM KEC. KARANG INTAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar, serta meningkatkan aktivitas siswa dan guru melalui model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran PKN materi bentuk bentuk keputusan bersama di kelas V SDN Sungai Asam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) subyek penelitiannya adalah 32 orang siswa kelas V SDN Sungai Asam. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya dua kali pertemuan yang merupakan perbaikan atas refleksi dari pertemuan sebelumnya.
Kata kunci : Hasil Belajar, Bentuk-Bentuk Keputusan Bersama, Kooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT)
Full Text:
PDFReferences
Adha, Anisa, Meningkatkan Hasil Belajar IPS Maeri Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Kelas V SDN Keraton 2 Kabupaten Banjar. Banjarbaru: Program S-1 PGSD. 2013.
Ahmadi, Abu. Psikologi Sosial. Jakarta : Rineka Cipta. 2002.
Ainul. Metedologi penelitian. (online). (http://zonainfosemua.blogspot.com/2010/11/pengertian-model-pembelajaran-dari.html, diakses pada tanggal 5 Desember 2013).
Anugrahaeni, Rizki. 2012. Aturan-aturan turnamen TGT. (Online), (http://rizardian.blogspot.com/2012/11/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-teams games-tournament.html, di akses 25 Desember 2013).
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aunurrahman. Belajar dan pembelajan. Bandung: Alfabeta. 2009.
Dalyono, M. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta. 2009.
Dimiyati & Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2009.
Djamarah. Pengertian Hasil Belajar. (online), 2008.
(http://misterchand89.blogspot.com/2013/03/beberapa-pengertian-hasilbelajar.html?m=1, diakses tanggal 19 Januari 2014)
Ekawarna. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Referensi. 2013.
Hadi Susanto. Pembelajaran PKn di SD. (online), 2013.
(http://bagawanabiyasa.wordpress.com/2013/05/16/pembelajaran-pkn-di-sd/,diaksestanggal 24 Desember 2013)
Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. 2012.
DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v3i2.11
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index By
Contact Us :
Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura
Kabupaten: Banjar
Provinsi: Kalimantan Selatan
Telephone: 0812-3587-1313
Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id