MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI IN HOUSE TRAINING DI SDN MELAYU KECAMATAN MARTAPURA TIMUR.

Akhyar Akhyar

Abstract


Melakukan perubahan atau perbaikan dalam hal pembimbingan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran di sekolahnya dengan cara melaksanakan tindakan melalui In House Training. Penelitian Tindakan Sekolah memiliki empat langkah yaitu rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian,, Hasil penelitian menunjukkan bahwa model IHT dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP. Peningkatan terlihat pada siklus I, rata-rata nilai peserta 65.8% ( kriteria cukup) meningkat pada siklus II menjadi 83.6% (kriteria baik) dengan peningkatan sebesar 17.8%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan sekolah ini dapat disimpulkan bahwa model In House Training (IHT) dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP di SDN Melayu Kecamatan Martapura Timur.

Kata kunci : Meningkatkan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, in house training


Full Text:

PDF

References


Husaini Usman. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta Bumi Aksara, 2009.

I.G.A.K Wardani. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta, Pusat Penerbitan UniversitasTerbuka. 2002.

Nono Suprianto. Konsep Dasar Karya Ilmiah. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah. Pusat pengembangan Penataran Guru Tertulis. Bandung Departernen Pendidikan Nasional, 2002.

Peraturan Pemerintah Nomor 19. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta, BNSP, 2005.

Pusat Pengembangan Kurikulurn. Pedoman Penyususnan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional, 2007.

Suharsimi Arikonto. Penelitian Tindakan Kelas Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta, Bumi Aksara, 2002.

Surya Dharma, Petunjuk Teknis Penelitian TindakanSekolah (School Action Research), Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta, Direktorat Tenaga Kependidikan, 2007.

Tim Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Penelitian Grounded dalam Ilmu-Ilmu Sosial. Surakarta, Universitas Sebelas Maret, 1986.

Tim Pengembang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Panduan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta, Puskur, 2005.

Undang-Undang Sisdiknas No. 20, Bahan Bintek NSP-KTSP. Jakarta, BSNP, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v3i2.12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id